PILIHAN REDAKSI

Hadiri Latihan Gabungan FORKI Tanah Datar, Wabup Richi : Jadikan Wadah Perkuat Tali Persaudaraan

INFO|Tanah Datar - Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Tanah Datar mengelar latihan gabungan (latgab) yang diikuti oleh seluruh p...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Disdukcapil Gandeng Diskominfo Tanah Datar Sosialisasi Identitas Kependudukan Digital




INFO|Tanah Datar - Pemerintah Kabupaten Tanaha Datar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus melakukan sosialisasi penerapan identitas Kependudukan Digital atau digital ID bagi kalangan Aparatur Sipil Negara.Sosialisasi dilakukan bagi ASN  di lingkungan Dinas Kominfo Tanah Datar Senin, (8/8/2022).


Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Elvi Emeldia S. Kom, mengatakan Identitas Kependudukan Digital bertujuan sebagai pengganti KTP elektronik dalam bentuk fisik serta mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan dalam bentuk digital.


"Misalnya kita pergi ke kantor layanan publik kita tidak perlu lagi membawa KTP dan KK untuk mengurus sesuatu, atau tertinggal cukup dengan aplikasi yang ada di handphone saja," kata Elvi Emeldia


Lebih lanjut kata dia, untuk sasaran pertama sosialisasi penerapan identitas Kependudukan Digital atau digital ID adalah kalangan dari Dirjen Dukcapil, ASN, dan di lingkungan kampus. 


Untuk mendapatkan aplikasi tersebut sipengguna wajib memiliki smartphone dan sudah memiliki KTP el atau sudah melakukan perekaman KTP el, dan pastikan sudah mendownload aplikasi "Identitas Kependudukan Digital".


Setelah didonwload sipengguna harus mengisi alamat e-mail, no handphone, dan dilanjutkan men scan barcode yang ada di Disdukcapil Tanah Datar.


Dalam aplikasi tersebut sudah lengkap data keluarga, dokumen kependudukan seperti KTP digital, KK, dan dokumen lainnya seperti NPWP, kartu vaksin, kepemilikan kendaraan, dan lain-lain.


Sebekumnya layanan digital ini telah diluncurkan oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian SH. MH di kantor Dukcapil setempat beberapa waktu lalu, Kamis (4/8).


Wabup mengatakan dengan adanya Digital ID ini, pemerintah daerah mempunyai data yang benar guna menghindari pengunaan identitas ganda, sehingga akan menjawab masalah kesejahteraan sosial ditengah-tengah masyarakat.


"Jangan sampai terjadi yang sudah-sudah, adanya perbedaan data, kita jadi bingung, jumlah penduduk mau dipakai yang mana. Maka dari itu, Digital ID memastikan data masyarakat secara benar," katanya.


Penulis : YB/Silva

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »