PILIHAN REDAKSI

Maju Pilkada 2024, Rijel Samaloisa Ambil Formulir Pendaftaran Lewat PDIP

INFO| MENTAWAI   – Mantan Wakil Bupati Mentawai periode 2011-2016, Dr Rijel Samaloisa mengambil formulir pendaftaran untuk maju di Pilkada 2...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Jadikan Agenda Tahunan, RT 01 Kelurahan Tanah Hitam Qurban Tiga Sapi




INFO|Padang Panjang - Suasana Hari Raya Idul Adha adalah hari raya besar bagi umat muslim yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat muslim di manapun mereka berada di seluruh dunia.


Disaat lebaran Idul Adha itu pula umat Muslim saling berbagi, yang pasti adalah berbagi daging qurban kepada masyarakatnya, kegiatan tersebut juga dilakukan oleh warga RT 01 kelurahan Tanah Hitam, kecamatan Padang Panjang Barat, Sabtu 9 Juli 2022. Setelah melakukan shalat Idul Adha.


Dalam QS Al-Kautsar 108 mengatakan, sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena TUHAN mu, dan Berqurbanlah sebagai ibadah, dan sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu, dialah yang terputus dari rahmad Allah.


Dimomen spesial hari raya kurban ini, Warga RT 01 Kelurahan Tanah Hitam yang di nahkodai oleh Syahrul son S,PD sewaktu dikonfirmasi awak media mengatakan, kali ini kita telah mempersiapkan tiga ekor sapi yang kira-kira beratnya atau dagingnya sekitar 110/1 ekor sap.


Syahrul Son, juga selaku Ketua panitia qurban sangat merasa senang sekali melihat antusiasme warga RT 01 dalam melakukan kegiatan qurban kali ini, sangat terlihat hampir semua warga RT 01 hadir dalam kegiatan penyembelihan hewan qurban tersebut.


Disampaikan saat itu olehnya, kenapa ini dapat kami lakukan di RT 01, karena secara pribadi di RT 1 ini tidak ada yang diistimewakan tetapi semua mendapat perhatian dari kami selaku ketua RT dan juga sebagai panitia qurban, ucapnya, 


Setelah melakukan penataan berapa jumlah KK yang ada di RT 01, semua itu mendapat pembagian yang merata untuk pengambilan hewan qurban yang telah disiapkan oleh panitia dalam bungkusan kantong-kantong plastik nantinya.




Berikut Nama-nama Peserta Qurban RT 01 Kelurahan Tanah Hitam tahun 2022/1443 Hijriah yaitu, sapi pertama dari Yarnis,Ernes Bebin, M.Agung, Anisa,Syafitri Yeni, Beta Camrila, Erma


Sapi kedua dari Ester Edwar, Syahrul,Masri Edwar, Nadia Mardhatilla, Desrizon, Erlis,Erna Wena dan sapi ketiga dari Megawati, Welrianto, Nurmita, Uenti, Yuahda,Ramadanis dan Dewira.


"Kita berharap untuk kedepan kita akan mengupayakan tambahan peserta qurban di warga RT 01 nantinya, agar pembagian daging qurban bagi warga lebih banyak lagi, mungkin ada warga yang hanya menikmati daging sapi itu di saat hari raya qurban saja, ini karena harga sapi di pasaran cukup tinggi, ucap Syahrul Son.


Disamping itu melihat semangat kebersamaan di RT 01 ini di setiap tahunnya selalu meningkat, dari mulai perencanaan sampai pelaksanaan qurban tidak ada lagi masyarakat yang berpangku tangan, semua mencari tugasnya masing-masing seperti yang sudah diatur dalam rapat-rapat panitia qurban sebelumnya.


Selain itu juga kita selalu melakukan doa bersama sambil menikmati hidangan hewan kurban yang telah dimasak tadi, dalam doa bersama juga sekaligus menyampaikan kepada masyarakat apa-apa yang akan kita lakukan ke depannya demi untuk meningkatkan amal ibadah nantinya. 


Dikesempatan yang sama, Masri Edward selaku warga RT 01 kelurahan tanah hitam, sekaligus ketua DPC LPM Padang Panjang Barat menyampaikan, terkait agenda qurban tahunan yang diselenggarakan oleh RT 01 dalam rangka merayakan hari Idul Adha 1443 H, warga RT 01 bersepakat dengan ketua RT untuk kembali melaksanakan penyembelihan hewan qurban untuk ketiga kalinya, dan pada tahun ini juga ada tiga sapi qurban yang akan di sembelih, masih sama dengan tahun sebelumnya.


Dengan melakukan kegiatan qurban Kemudian ada tetangga yang tidak ikut qurban tetapi perlu juga mendapat bagian dari daging qurban tersebut, inilah yang menarik untuk peserta qurban dengan adanya semangat seperti ini, dengan saling berbagi, ungkapnya


Untuk sekarang itu satu kupon, warga mendapat satu kilo daging tanpa campuran. artinya daging yang bagus, ini daging sapinya per ekor paling kecil 110 kg, dan seluruh warga RT 01 mendapatkan pembagian kopon qurban tanpa ada pengecualian, ungkap Masri.


Artinya masyarakat menyadari bahwa RT beserta tokoh masyarakat saling memperhatikan kebutuhan warganya, dengan adanya pemotongan hewan qurban ini, warga dapat menikmatinya bersama keluarga tercinta, yang mana mungkin ada diantara kita hanya memakan daging dalam kesempatan hari raya idul Adha ini


Penulis : YB

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »