PILIHAN REDAKSI

Gubernur Sumbar Keluarkan Surat PAW Dirinya,Helmi Moesim Pertanyakan Proses Hukum Sedang Berjalan, Saya Akan Lakukan Gugatan

Helmi Moesim menjelaskan terkait dikeluarkan surat PAW dirinya oleh Gubernur Sumbar dalam jumpa pers.Minggu (28/4/2024) INFONUSANTARA.NET --...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Menang 4-2 Indonesia Lolos Final Piala AFF 2020, Singapura Layak Dapat Jempol

 

Foto: Screenshot vidio.com


INFONUSANTARA.NET - Timnas Indonesia melenggang ke babak final Piala AFF 2020. Itu setelah Tim Garuda mengalahkan Singapura di babak semifinal.


Indonesia menang 4-2 dengan tiga kartu merah bagi Singapura. Mereka juga punya penalti di menit ke-88 yang bisa diselamatkan Nadeo.


Jalannya Pertandingan


Permainan terbuka langsung tersaji di lima menit awal. Pada menit ke-6, Indonesia mendapat peluang emas melalui Rizky Kambuaya setelah menerima bola dari Witan Sulaeman. Sayang, tembakannya bisa diblok.


Satu upaya balasan dilakukan Singapura melalui Song Oi Young di menit ke-8. Namun tembakannya terlalu pelan sehingga dengan mudah ditangkap Nadeo Argawinata.


Dua sepak pojok beruntun didapatkan Indonesia di menit ke-10 memberi peluang pada Tim Garuda. Namun, tembakan Fachrudin bisa diblok. Akan tetapi, pada menit ke-11, Indonesia akhirnya bisa benar-benar memimpin.


Bermula dari sukses pemain Indonesia merebut bola dari lapangan tengah, Witan mampu menerobos hingga kotak penalti. Saat kiper, Hassan Sunny mencoba maju menutup ruang tembaknya, Witan dengan cerdik mengirim bola ke mulut gawang yang langsung dicocor Ezra Walian. Skor 1-0.


Peluang terbuka kembali didapatkan Ricky Kambuaya di menit ke-15 setelah menerima umpan tarik dari Asnawi. Sayang, sontekan jarak dekar pemain Persebaya itu masih jauh di atas mistar gawang.


Jual beli serangan terjadi setelah pertandingan berjalan 20 menit. Singapura yang bertindak selaku tuan rumah tak tinggal diam. Namun, belum ada ancaman berbahaya yang bisa mereka berikan ke gawang Nadeo.


Menit ke-35, Indonesia mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti. Namun, tembakan keras kaki kanan Ramai Rumakiek dengan mudah ditangkap Hassan Sunny.


Singapura nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-40 melalui Hafiz Nur. Beruntung bagi Indonesia, Nadeo bisa memblok bola. Singapura mengklaim penalti setelah Ami Recha dijatuhkan Rachmat Irianto. Namun, wasit Kassem Matar Al-Hatmi tak menganggap itu pelanggaran.


Indonesia balas mengancam semenit kemudian. Sayang, tembakan jarak dekat Ezra bisa diblok. Kartu merah didapatkan pemain Singapura, Safuwan Baharudin akibat menyikut Rizky Rido di menit ke-45+2. Namun, setelah itu, Song Oi Young mencetak gol di menit 45+4 usai memanfaatkan kemelut di kotak penalti. Skor 1-1 menutup paruh pertama.


Kembali ke lapangan, Indonesia yang unggul jumlah pemain langsung menggempur pertahanan Singapura. Di menit 48, Rizky membuang peluang usai mendapat umpan dari Witan.


Di menit ke-50, Witan gagal memberikan umpan matang pada Ezra yang berdiri bebas di depan gawang. Upaya Ezra berikutnya masih menyamping meski peluang itu cukup terbuka.


Hanis Saghara masuk menggantikan Ezra di menit ke-53. Amy Recha mengancam dalam situasi bola mati. Beruntung Amy yang berdiri bebas tidak mampu menyundul bola dengan baik sehingga bisa ditangkap Nadeo.


Indonesia terus menggempur pertahanan Singapura yang bertahan total. Indonesia mengklaim penalti di menit ke-59 saat Asnawi Mangkualam ditarik Harris Harun.



Setelah itu, Indonesia nyaris unggul dalam situasi sepak pojok. Sayang, tembakan keras Rizky Rido hanya menghajar mistar gawang. Peluang selanjutnya didapat Kambuaya yang gagal menendang bola dengan baik.


Shawal Anuar balas mengancam lewat tembakan jarak jauh saat Nadeo maju ke depan. Namun, bola masih menyamping. Tiga pergantian sekaligus dilakukan Indonesia dengan memasukkan Elkan Baggott, Irfan Jaya, dan Egy Maulana Vikri. Keluar Ramai Rumakiek, Kambuaya, dan Riski Rido.


Kartu merah! Irfan Fandi diusuir wasit setelah menjatuhkan Irfan Jaya di menit ke-66. Unggul jumlah pemain, Indonesia terus menggempur Singapura.  


Dalam situasi bola mati, Singapura mencuri gol di menit ke-74. Shahdan Sulaiman yang menjadi algojo setelah pelanggaran Dewangga mengarahkan bola ke sudut kanan yang tidka bisa dijangkau Nadeo.


Shahdan kembali mengancam dengan tendangan bebas dua menit kemudian namun bisa ditepis Nadeo. Sepuluh menit terakhir, pemain Indonesia terlihat mulai frustrasi. Mereka mulai terburu-buru.


Namun, terus menekan, gol akhirnya datang juga di menit ke-87. Bermula dari bola muntah, Arhan Pratama dengan tenang mencetak gol dari sudut sempit untuk menyamakan skor menjadi 2-2.


Sayang, Singapura kembali mendapat penalti di menit ke-88 ketika Arhan dianggap melanggar Faris Ramli. Namun, Nadeo bisa memblok tendangan Faris Ramli.


Indonesia harus bisa berbalik memimpin lewat serangan balik. Sayang tembakan keras Irfan Jaya bisa diblok kiper. Upaya Elkan


menyambar bola juga gagal. Irfan Jaya kembali mendapat peluang emas di menit akhir namun masih melayang jauh di atas mistar. Skor 2-2 bertahan dan laga berlanjut ke perpanjangan waktu.


Kembali ke lapangan, Indonesia langsung unggul cepat. Berawal dari akselerasi Egy, pemain Singapura, Shawal Anuar menjebol gawnagnya sendiri. Skor 3-2.


Indonesia nyaris menggandakan keunggulan di menit 95. Akan tetapi, tembakan jarak dekat Evan Dimas bisa diblok Hassan Sunny. Menit ke-110, Irfan Jaya mendapat dua peluang yang mampu diblok Hassan. Semenit kemudian Hassan kembali memblok tembakan keras Arhan.


Injury time coba dimanfaatkan Indonesia. Dan Egy akhirnya menambah keunggulan menjadi 4-2 saat mendapat bola liar hasil sepak pojok Evan Dimas.


Kembali ke lapangan, Irfan Jaya nyaris mengubah skor lagi di menit ke-112. Tapi lagi-lagi Hassan bisa melakukan save dengan pahanya meski sudah mati langkah. Hassan kembali mendapat kartu merah di menit ke-118 saat melanggar Irfan Jaya. Singapura bermain delapan pemain. Namun, skor 4-2 tetap bertahan.

Source: Fajar.co.id


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »