PILIHAN REDAKSI

Diduga Banyak Langgar Aturan, Izin dan Bagunan Serta Aktivitas Bule di Katiet Perlu di Pertanyakan

INFO|MENTAWAI -  Keberadaan turis di wilayah Dusun Katiet, Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan seakan tidak terawasi dengan ketat, dimana ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Tingkatkan Minat Baca Anak Melalui Taman Bacaan Masyarakat

INFONUSANTARA.NETBerawal dari sebuah pertemanan seorang penggerak taman baca yang bekerja di instansi pemerintahan yang kreatif dan aktif dalam kegiatan sosial.


Pergerakan taman baca ini akhirnya terlaksana di daerah muara padang atau disebut saja kota tua dan di resmikan oleh bapak wali kota setempat.


Seorang guru sebut saja putri (35 tahun) Sekolah dasar berniat dan ada kemauan untuk meningkatkan minat baca anak dilingkungan setempat dan siswa disekolahnya

Dari ilmu yang didapat akirnya putri mengajak anak yang putus sekolah setiap sabtu dan minggu untuk datang ke taman baca .

Hidup itu bukan soal panjang pendeknya usia. Tapi seberapa besar kita dapat membantu dan mengabdi untuk orang lain. Itulah spirit hidup seorang relawan di mana pun. Tidak terkecuali relawan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Relawan TBM,

Mereka itu orang-orang langkah yang mau mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikiran untuk membantu aktivitas di taman bacaan guna meningkatkan minat baca terutama para generasi penerus bangsa.

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ini sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sebuah Taman Bacaan Masyarakat (TBM) hendaknya mampu menarik minat masyarakat agar mau datang ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) tersebut dengan berbagai cara dan pendekatan.

Hal ini tentu saja sangat membantu dalam mengubah masyarakat di sekitar Taman Bacaan Masyarakat (TBM) menjadi masyarakat yang melek informasi atau yang biasa disebut masyarakat literasi informasi.

Manusia adalah makhluk yang cerdas baik secara IQ, EQ dan SQ. Hal itu dapat dicapai dengan sempurna jika manusia mau melek informasi.

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) mempunyai peran yang begitu penting dalam penyebaran informasi hal ini di karenakan di dalam sebuah Taman Bacaan Masyarakat (TBM) terdapat banyak sekali buku.

Bahkan setiap bukunya itu memiliki beragam informasi yang sangat berguna bagi pembacanya. Karena di anggap sebagai sumber informasi maka Taman Bacaan Masyarakat (TBM) juga sangat berperan dalam menciptakan masyarakat yang litereraai yaitu masyarakat yang melek akan informasi.


Penulis Amidhia

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »