PILIHAN REDAKSI

Yendri Bodra Dt. Parmato Alam Ambil Formulir Pendaftaran Bacawako Payakumbuh Lewat PKB

INFO|Payakumbuh - Yendri Bodra Dt. Parmato Alam mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota ke DPC Parta...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir, Bupati Pasbar Sebut Peristiwa Alam Ini Paling Terparah Yang Terjadi Sebelumnya


INFO|PASBAR - Kondisi cuaca yang cukup ekstrem di sertai hujan lebat mengguyur Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat sejak Rabu, (10/11) sore hingga malam hari mengakibatkan sejumlah anak sungai meluap.

Tak hanya terjadi luapan air yang menghantam pemukiman, bahkan  mengakibatkan terjadi banjir dan longsor di daerah itu. Setelah mendapat informasi tersebut, Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi bersama tim langsung gerak cepat turun kelokasi, Kamis pagi (11/11/2021).

“Hari ini kami datang meninjau langsung lokasi banjir dan longsor di jorong Paroman Nagari Sinuruik dan Jorong Benteng Nagari Talu Kecamatan Talamau serta memberikan bantuan” ucap Hamsuardi.

Dia mengatakan, peristiwa alam Ini merupakan banjir dan longsor terparah dari yang pernah terjadi sebelumnya di daerah ini.

Sejak terjadi banjir dan longsor di lokasi itu, kata Hamsuardi tak lama usai kejadian, malamnya tim dari BPBD, PMI, Pol PP, bersama camat dan lainnya sudah menuju lokasi membantu masyarakat dalam proses pengungsian ketempat yang aman, terangnya.

Diktakan, sampai saat ini tim dari BPBD, PU, PMI, Pol PP, Polri, TNI, kecamatan dan masyarakat juga masih berupaya membantu membersihkan material longsor yang menutupi jalan.

“Ini harus segera kita selesaikan, sebab lokasi tersebut adalah jalan utama, jalan provinsi, dan juga penghubung antara 2 kabupaten yakni Pasaman dan Pasbar” sebutnya.

Peninjauan pasca bencana alam ini, Pemerintah Daerah Pasaman Barat melalui Dinas Sosial memberikan bantuan sebanyak 1 ton atau 102 karung beras untuk korban banjir dan longsor.

“Hari ini kita menyerahkan bantuan beras untuk masyarakat. Ini baru bantuan sementara. Untuk bantuan lain seperti perbaikan jalan, rumah masyarakat yang rusak, sekolah, sawah yang tertimbun longsor dan lainnya, juga akan kita bantu dan kondisikan ke depan,”ucap Hamsuardi.

Sementara itu, Wali Nagari Sinuruik Faridh Muhammad Ali mengatakan, dari 180 KK yang ada di Nagari Sinuruik,  sebanyak 120 KK yang diungsikan ke tempat yang lebih aman yaitu ke daerah dataran tinggi di kampung Solok.

“Sementara ini ada sekitar 120 KK yang diungsikan ke tempat yang lebih aman yaitu di kampung Solok Kecamatan Talamau. Apabila hari ini masih hujan, maka warga akan tetap di tempat pengungsian dan belum diperbolehkan kembali ke rumah. Warga akan kita perbolehkan kembali jika kondisi telah dinyatakan aman,” kata Faridh Muhammad Ali.

Dalam peristiwa ini, terangnya, selain terputusnya arus transportasi juga mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak, sawah, sekolah, puskesmas pembantu, dan lainnya juga ikut tergenang air dan berlumpur.

“Dengan hadirnya bupati hari ini, kami berharap dapat memberikan perhatian lebih terhadap masyarakat di sini. Dan terimakasih atas bantuan semua pihak dari tadi malam hingga saat ini. Mulai mengungsikan warga, membersihan material yang menutupi jalan hingga bantuan beras yang kami terima hari ini,”ungkapnya.

Bantuan ini ada sekitar 4 Ton beras, untuk saat ini baru 1 ton diserahkan. Hari ini akan kita serahkan ke korban yang terdampak banjir dan longsor.

“3 ton lagi akan segera menyusul, dan rencananya akan kita bagikan kepada masyarakat ditiga jorong yg ada di Nagari Sinuruik dan 3 jorong yang ada di Nagari Talu,”terangnya, (*rel).

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »