PILIHAN REDAKSI

Gugatan Leo Murphy Anggota DPRD Dari PDI Perjuangan Ditolak PN Solok

  INFONUSANTARA.NET -- Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Solok, putuskan menolak gugatan anggota DPRD Solok dari PDI Perjuangan, Leo Mur...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Tingkatkan Silahturahmi, Persit KCK Cabang LXV Kodim 0311 Pessel Gelar Pelatihan Pembuatan Batik

INFO|PESSEL -  Mempererat tali silaturahmi antar organisasi, Iwabri (Ikatan Wanita Bank Rakyat Indonesia) Tk Cabang Painan beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXV Dim 0311 mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan batik jumputan dengan tajuk “Kreasi Batik Jumputan” yang bertempat di Aula BRI Cabang Painan, Kamis (21/10/2021).


Kegiatan ini dihadiri oleh ketua persit Cabang LXV Dim 0311/Pessel dan perwakilan anggota dari masing-masing organisasi dan pengisi materi yaitu Ibu Dewi Hapsari dari Batik Lunang.

Ketua Iwabri Tk Cabang Painan, Ibu Anya Wisnu Wirawan menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi anggota serta silaturahmi antara anggota Iwabri dan Persit di Painan.

“Pelatihan pembuatan batik ini berharap agar ilmu bisa diteruskan kepada anggota lainnya, serta semoga Iwabri dan Persit dapat terus meningkatkan kemampuan anggota dalam seni budaya dan bidang lainnya” ucapnya.

Dalam pelatihan pembuatan batik jumputan dilakukan dengan tangan (handmade) melalui 4 pilihan metode, yaitu dengan kelereng, lidi, tali rafiah, atau hanya dengan metode lipatan saja. Sedangkan proses pewarnaan menggunakan pewarna alami berbahan gambir atau pewarna sintetis. Dalam waktu kurang lebih 3 jam, para peserta pelatihan mampu menghasilkan berbagai jenis motif jumputan sesuai kreasi masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Persit KCK Cabang LXV Dim 0311/Pessel, Ibu Anaztasia Gamma Arthadilla Sakti menyampaikan, pelatihan pembuatan batik peserta dari Persit terdiri dari para ketua ranting dari seluruh Koramil yang berada di Pesisir Selatan.

“Ilmu yang diserap dalam pelatihan ini diharapkan dapat di implementasikan  kepada anggota di masing-masing ranting Koramil. Serta mengapresiasi kerjasama dari Iwabri dan Dewi Busana Batik Lunang” imbuhnya.

Sementara Komandan Kodim 0311/ Pessel, Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti selaku Pembina Persit KCK Cab. LXV Dim 0311 dalam kegiatan ini melakukan peninjauan pelatihan pembuatan.batik

“Peninjauan ini sebagai bentuk motivasi bagi anggota Persit KCK yang mengikuti kegiatan” ucapnya.

Pada kesempatan itu Ibu Dewi Hapsari sebagai pengisi materi/ pengajar menyampaikan bahwa keterampilan ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu terutama di masa pandemi ini.

“Jadikanlah kegiatan ini sebagai pengisi waktu dan silaturahmi, atau dapat juga dikembangkan sebagai usaha yang dapat meningkatkan penghasilan rumah tangga” pungkasnya, (Pendim 0311/Pessel).


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »