PILIHAN REDAKSI

Sering Tergenang Air, Warga Pakan Rabaa Mengeluh Pemkab Tak Bangun Drainase

INFO|Limapuluh Kota - Warga Pakan Rabaa, Nagari Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota  berharap Pemerintah d...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pemberian Vaksin Moderna Untuk SDMK Bisa Juga di Berikan Kepada Non Nakes

INFONUSANTARA.NETPemberian vaksin jenis moderna yang merupakan produk dari Amerika Serikat yang awalnya di utamakan kepada Petugas Kesehatan (Nakes), namun sekarang bisa di berikan kepada masyarakat umum.

Untuk pemberian vaksin moderna kepada nakes juga memiliki syarat dengan sudah mengikuti vaksin kedua, sedangkan untuk masyarakat umum usia 18 tahun keatas.

“Vaksin moderna yang kita berikan kepada Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) bisa juga di berikan kepada masyarakat umum artinya bisa non nakes” kata Kadis Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar kepada media, Sabtu (21/8/2021).

Dia menyebut, pemberian vaksinasi jenis moderna kepada nakes dan juga masyarakat umum ini dalam rangka upaya percepatan atau akselerasi pelaksanaan vaksinasi di wilayah kabupaten kepulauan mentawai.

Seperti di ketahui, terkait vaksinasi yang di laksanakan setiap puskesmas bekerjasama dengan unsur intansi vertikal bahwasannya sering terjadi kekurangan vaksin di karenakan antusias masyarakat sudah mulai banyak memahami pentingnya ikut vaksin.

“Sebenarnya inilah menjadi kendala kita di mentawai saat menerima vaksin, karena vaksin yang kita terima sesuai yang di berikan, sehingga kebutuhan vaksin sering berkurang” kata Lahmuddin.

Dia menyebut baru-baru ini juga masuk vaksinasi jenis sinovac sebanyak 70 vial untuk 700 dosis yang akan diberikan kepada warga yang mengikuti vaksin tahap kedua, sedangkan vaksin jenis moderna sebanyak 190 vial dengan sasaran kepada 1.290 orang.

Kedatangan vaksin jenis moderna ini yang diberikan kepada SDMK atau non nakes, sebut Lahmuddin untuk meningkatkan imunitas tubuh bagi tim tenaga kesehatan yang mengikuti vaksinasi tahap ketiga termasuk masyarakat, tuturnya.

“Intinya pemberian vaksinasi ini tidak boleh campur, kalau sudah mengikuti vaksin jenis sinovac yang pertama dan kedua harus juga sinovac, begitu juga dengan vaksin jenis moderna sampai tahap ketiga” kata Lahmuddin.

Lebih lanjut di katakan, vaksin jenis moderna sebanyak 190 vial ini dengan sasaran kepada 1.290 orang di berikan kepada yang sudah vaksin tahap pertama dan kedua di berikan kepada nakes puskesmas, nakes Rumah Sakit baik tim medis, sopir, satpam, clening service termasuk yang lainnya.

“Memang ada vaksin jenis moderna yang tiba sebanyak 70 vial untuk 700 orang di berikan kepada masyarakat umum dengan syarat bagi usia 18 tahun keatas” sebut Lahmuddin.

Pendistribusian vaksin sinovac maupun moderna yang baru-baru ini tiba di mentawai sudah berjalan termasuk pelaksanaan sudah di lakukan tim nakes di beberapa daerah yang ada empat pulau besar mentawai, terangnya.

Di akuinya, vaksin yang di distribusikan ke mentawai memang belum mencukupi kuota, meski demikian, pihaknya tetap mengupayakan pemberian vaksinasi ini seluruh masyarakat mentawai.

“Kita akui tingkat animo masyarakat mendapatkan vaksin di mentawai kadang tidak bisa lagi terbendung, tapi bagaimana lagi karena vaksin kita terbatas” kata Lahmuddin.

Dia menambahkan, meski sudah di vaksin di harapkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan, demi kesehatan kita bersama baik keluarga maupun orang lain.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »