PILIHAN REDAKSI

Kegiatan Inovatif Produktif Tingkatkan Perekonomian Warga Binaan

  INFO|MENTAWAI - Melalui kegitan inovatif produktif, Babinsa Koramil 03/Sipora, Kodim 0319/Mentawai, Sertu Togu Purba motivasi warga binaa...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Lantik Kepengurusan LKAAM Masa Bakti 2020-2025, Irwan Basir Berharap Bisa Sebagai Pengayom Anak Kemenakan dan Nagari di Kuranji Kedepan

 

Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji, Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM (berdiri sudut kanan,baju putih) memberikan dukungan dan apresiasi atas dilantiknya pengurus LKAAM Kuranji masa bakti 2020-2025. (Dok: Arie Sutan Malin Mudo).

INFONUSANTARA.NET -- Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengapresiasi dan siap mendukung Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kuranji dalam hal pergerakan positif untuk kemanjuan nagari. 

Hal tersebut diutarakan Irwan Basir Dt. Rajo Alam saat pelantikan kepengurusan LKAAM Kuranji masa bhakti 2025-2025,pada Rabu (3/3/2021) di Aula Kantor KAN Jalan Bypass- Padang.Selain pelantikan, juga diadakan bimbingan teknis kepada seluruh pengurus yang hadir.

Lembaga LKAAM ini merupakan suatu wadah penguatan lokal yang diisi oleh ninik mamak dan ada juga pemangku adat. Khusus didaerah Kuranji, Ketua LKAAM tidak asing lagi bagi kita. Seorang yang memiliki potensi, sebagi da'i ya, sebagai Datuk apalagi, masih muda dan energik, terang Irwan Basir.

" Kami yakin, dibawah kepemimpinan Hendri Yazid mampu membawa serta mengangkat kembali marwah LKAAM yang sudah lama fakum. Selain itu, bisa sebagai pengayom dan pelindung anak kemenakan dan nagari di Kuranji ini kedepannya," pungkas Ketua MPA yang akrab disapa Datuk IB ini.

Datuk IB melanjutkan, Hendri Yazid Dt. Diguci orangnya organisiatoris, memahami ilmu agama. Maka, nan takalok bisa tajago, LKAAM Kuranji bisa melahirkan program dan pergerakan positif dalam hal membangun negri ini.

" Untuk itu, kita titipkan aset-aset nagari ini agar bisa dirawat, dijaga dan dilestarikan untuk anak generasi penerus," pinta Datuk IB.

Masih kata Datuk IB, tugas LKAAM juga sebagai penguatan adat alam Minangkabau supaya terpatri dalam suatu siklus kehidupan untuk menyatukan potensi yang ada. Maka, disini munculnya kembali gairah adat dan budaya dalam kehidupan bernagari dimanapun kita berada.

"Kedepan bagaimana bisa memfasilitasi, mengkoordinasikan dan menciptakan iklim sehat dinegri yang kita cintai ini. Guna mewarisi dan mengembangkan nilai adat pada generasi dan anak kemenakan," pungkas Datuk IB. (Hr1/inf)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »