PILIHAN REDAKSI

Terkuaknya Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Antar Negara, Dua Pelaku Diamankan Satreskrim Polres Sijunjung

  Dua wanita pelaku kasus tindak pidana perdagangan orang antar negara diamankan di Polres Sijunjung. INFONUSANTARA.NET -- Jajaran Satreskr...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Unik, Abil Prajurit TNI Pecinta Jeep Willys Bersama Masyarakat Resmikan Jalan dan Santuni Anak Yatim

 

INFONUSANTARA.NET -- Ada yang unik dalam penamaan nama kampung dan nama jalan yang baru saja diresmikan oleh masyarakat di Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, pada Sabtu 13 Februari 2021.

Uniknya Jalan yang diresmikan, diberi nama Jalan Jeep,Gang Willys dan jalan utama Baiyo di kampung Jeep Parak Jambu, Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah, bersamaan dengan pemberian santunan kepada anak yatim.

Bersama masyarakat, peresmian Jalan itu langsung didampingi oleh Abil Kuba Malin Kayo, merupakan seorang prajurit TNI AD pecinta mobil tua Jeep Willis tahun 1941 yang merupakan donatur dalam pembangunan jalan tersebut.

Sesuai dengan legenda kampung ini, Abil Kuba Malin Kayo menerangkan, kenapa dinamakan jalan Jeep, karena saat banjir melanda kampung ini, hanya mobil tua Jeep Willis saja yang bisa masuk. Dan selanjutnya jalan Baiyo, karena jalan ini dibangun secara baiyo-iyo (mufakat,red) dilingkungan masyarakat," papar Abil usai peresmian Jalan itu.

" Pembangunan jalan ini dilakukan dengan mufakat secara moril dan materil.Hal itu menunjukan sikap sosial yang tinggi dan mau bergotong royong demi kepentingan kampung. Semoga hal ini akan seperti itu seterusnya saling bahu membahu untuk kebaikan kampung Jeep Parak Jambu ini, "harap Abil.

Saat ini ada sebanyak 30 Kepala Keluarga (KK) yang sudah menempati kampung Jeep Parak Jambu.Kemudian demi meningkatkan kesejahteraan warga setempat, perkerasan badan jalan sudah dilakukan oleh masyarakat. 

Sutrisno, Ketua RW 4 di kampung tersebut mewakili warga berharap kepada Pemerintah Kota (Pemko) Padang untuk dapat memperhatikan kampung itu ." Untuk itu kami sangat berharap Pemko Padang peduli akan pembangunan jalan untuk kampung kami ini," ungkapnya.

Di ungkapnya, selama ini akses jalan menuju kampung ini dibuat secara swadaya masyarakat saja. Seperti hal nya dari pembuatan badan jalan hingga penggalalian selokan ( saluran air) dikerjakan dengan gotong - royong oleh masyarakat kampung Jeep Parak Jambu ini. Belum ada perhatian dari pemerintah. (Inf)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »