Persiapan Siaga Khusus Nataru, Kantor SAR Mentawai Gelar Apel Bersama

MENTAWAI,infonusantara.net - Terwujudnya Pelayanan SAR yang Cepat, Tepat, Aman dan Handal dalam pelaksanaan arus mudik dan liburan Natal dan Tahun Baru, Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai gelar apel persiapan siaga SAR khusus.

“Persiapan siaga khusus ini untuk mendukung pelaksanaan arus mudik dan liburan Natal Tahun Baru (Nataru) di wilayah Kabupaten Kepulauan mentawai” kata Kepala Kakansar Mentawai, Akmal di Tuapejat, Jumat (18/12/2020).

Selain itu mendukung dan membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik angkutan natal dan tahun baru sekaligus pemantauan kawasan wisata secara profesional, sinergi dan militan. ujarnya.

"Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan khusunya di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai" ucap Akmal.

Siaga khusus nataru ini, pihaknya menyipakan Alut meliputi, KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai, RIB 01 dan 02, Perahu Karet, Jetsky, Palsar Air (Selam), Rescue Truk, Rescue Dymex, Rescue Carrier; Truk Personil, Motor Trail, Palsar Mountenering, Palsar Medis, Alkom dan Albanav, Pal Prokes.

Terkait tempat pelayanan SAR di siapkan dua Posko bertempat di Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai dan Dermaga Tuapejat KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai, tuturnya.

Pelaksanaan siaga khusus nataru ini, kata Akmal di mulai dari Tanggal 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, terangnya.

Dikatakan, wilayah pemantauan atau monitor selama kegiatan siaga khusus nataru di tiga pulau mentawai yakni Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan sedangkan Lokasi mobile di Dermaga Tuapejat, Pantai Jati, Pantai Mapaddegat, Pantai Goiso'oinan, Bandara Rokot dan Dermaga Sioban.

Akmal tekankan kepada seluruh personil agar dapat melaksanakan kegiatan ini dengan semangat, sepenuh hati, jaga kesehatan dan bersinergi dengan potensi SAR lainnya.

Selain itu Akmal juga menghimbau kepada masyarakat yang berlibur ke Pantai agar orang tua memperhatikan anak-anaknya yang sedang mandi dan bermain di pantai serta bagi nelayan agar memperhatikan perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, tukasnya.




Editor : Heri Suprianto

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.