Penyusuran Aliran Sungai di Lakukan BPBD, SAR dan TNI-Polri Upaya Mencegah Terjadi Banjir

MENTAWAI,infonusantara.net - Untuk mengetahui dampak terjadi banjir akibat sampah menutupi aliran sungai, BPBD Mentawai bekerjasma dengan TNI-Polri dan  SAR Mentawai melakukan kegiatan susur sungai di sepanjang desa Sidomakmur, senin (28/12/ 2020).

Dalam kegiatan ini langsung di hadiri Dandim 0319/Mentawai, Letkol.Czi.Bagus Mardyanto, Kapolres Mentawai, AKBP, Mu'at, SH,MH, Kalaksa BPBD Mentawai, Novriadi dan Tim SAR Mentawai.

"Kami siap membantu program pemerintah daerah termasuk pengerahan personil dalam rangka penagulangan bencana" ucap Dandim 

Penyusuran sungai, kata Dandim harus dilakukan dalam rangka normalisasi, karena dengan kegiatan ini akan terlihat bagian sungai yang sudah tertutup oleh sampah yang akan mengakibatkan aliran sungai tidak lancar serta terjadi banjir. ujarnya.

"Salah satu pemicu terjadinya banjir itu banyaknya sampah yang terendam di aliran sungai, karena aliran sungai di tutupi tumpukan sampah" sebutnya.

Jadi, kata Dandim kalau sudah menumpuk sampah di kawasan sungai, maka aliran sungai tidak berjalan normal dan mengakibatkan banjir, karena air meluap deras.

"Mari kita bersama-sama menjaga alam dan mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai" tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Mentawai, Novriadi menyampaikan setelah dilakukan penyusuran ini akan dilanjutkan normalisasi sungai yang akan dikerjakan secara bersama-sama (goro) bergabung antara pemerintahan dengan masyarakat.

"Normalisasi sungai ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengantisipasi bencana banjir khususnya diwilayah mentawai" ucapnya mengakhiri (Pendim 0319/Mtw).



Editor : Heri Suprianto



   

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.