Jadikan Sampah Produksi Kreatif, Dandim 0319/Mentawai Berbagi Ilmu Kepada Peserta Pelatihan

MENTAWAI,infonusantara.net - Sumber sampah terbanyak adalah berasal dari pemukiman baik itu sampah organik maupun  anorganik, namun dalam pemanfaatan sampah ini masih banyak masyarakat yang belum mengerti sistim pengelolaannya, sehingga sampah tidak termanfaatkan dengan baik.

Manfaat sampah organik ini telah bamyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kompos, briket serta biogas, akan tetapi sampah anorganik (sampah plastik) masih sangat minim pengelolaannya.

Dalam menyikapi pemanfaatan soal sampah ini, Kodim 0319/Mentawai berkolaborasi dengan pemkab mentawai menggelar pelatihan pengolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis lainnya yang bertempat di Makodim 0319/Mentawai, Senin (14/12/2020).

Dalam pelatihan itu, Dandim 0319/Mentawai, Letkol. Czi.Bagus Mardyanto berbagi ilmu dan pengalaman soal pengelolaan sampah kepada peserta pelatihan, bagaimana memanfaatkan sampah ini bisa memberikan dampak.

"Dilingkungan rumah kita banyak sampah, bahkan hampir setiap hari ada, namun bagaimana cara untuk manfaatkan sampah ini agar berguna, tentu ada cara atau mengikuti pelatihan" ucap Dandim saat berikan materi kepada peserta pelatihan.

Memanfaatkan sampah rumah, lanjut Dandim harus di cari solusinya, tak hanya itu menjadikan sampah bermanfaat juga memberikan hasil seperti pembuatan pupuk kompos dari sampah organik.

"Kalau sampah anorganik atau sampah plastik bisa dimanfaatkan untuk produksi kreatif misalnya diolah menjadi bahan bangunan seperti batako, paving block dan lain sebagainya" ucap Dandim.

Untuk memanfaatkan sampah agar berguna dan jadi penghasilan, kata dia di butuhkan ilmu pengetahuan serta kreativitas dan optimis bisa terwujud mengolah sampah yang ada di sekitar lingkungan rumah, ujarnya lagi.

"Prinsipnya Kodim 0319/Mentawai siap membantu dan mendukung program pemerintah setempat dalam hal pengelolaan sampah agar berguna dan sampah tidak terbuang begitu saja" ucapnya.

Selain berbagi ilmu dan pengalaman, Dandim 0319/Mentawai juga memberikan contoh hasil pengolahan sampah organik yang sudah diolah menjadi pupuk kepada peserta pelatihan.

Kesempatan yang sama, Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake, S.Pt menyampaikan apresiasi kepada Kodim 0319/Mentawai kolaborasi dengan pemkab dalam pengelolaan sampah.

"Sampah di daerah kita memang banyak tidak termanfaatkan, sehingga sangat menganggu kesehatan lingkungan" sebutnya.

Nah, dengan adanya pelatihan kolaborasi bersama Kodim 0319/Mentawai, setidaknya secara perlagan sampah yang terbuang begitu saja dapat terkelola dengan baik dan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, tuturnya.

Setelah mendapat ilmu dari pelatihan ini, diharapkan implementasinya sampai kemasyarakat untuk di sosialisasikan agar sampah bermanfaat.

"Kami atas nama pemkab mentawai mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0319/Mentawai, diakhir sambutan Wabup menyampaikan jangan kotori diri anda dan jangan kotori orang lain, jagalah lingkungan sekitar kita, biasakan hidup bersih dan sehat, tutupnya.




Editor : Heri Suprianto


[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.