Usai Dicopot!Kapolda Jabar Dipimpin Irjen Ahmad Dofiri Gantikan Irjen Rudy Sufahriadi

Irjen Ahmad Dofiri ditunjuk menjadi Kapolda Jawa Barat. (dok:detik.com)

INFONUSANTARA.NET --  Inspektur Jenderal Ahmad Dofiri ditunjuk menjadi Kapolda Jawa Barat, menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi. Sebelum jadi orang nomor satu di Polda Jabar, Dofiri pernah memimpin dua polda yakni Polda Yogyakarta dan Polda Banten pada 2016 lalu.

Jabatan Dofiri saat ini sebelum nanti dilantik jadi Kapolda Jabar nanti adalah Asisten Logistik Kapolri.

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Bandung, Bandungkab.go.id, Dofiri lahir pada 4 Juni 1967 di Indramayu, Jawa Barat. Dofiri memang pernah jadi Kapolres Bandung.

Karier Dofiri di Korps Bhayangkara dimulai saat ia masuk Akademi Kepolisian (Akpol). Ia lulus pada 1989 dengan status lulusan terbaik atau Adhi Makayasa. 

Tak lama lulus Akpol, Dofiri dipercaya sebagai Kepala Unit Reserse dan Intelijen Polsek Tangerang Kota, pada 1990.

Ia kemudian diangkat Kepala Subbagian Jabpamentil Bagian Sumber Daya Manusia Polri pada 2005.

Ia kemudian menjadi Kapolres Bandung pada 2007. Dua tahun kemudian ia diangkat menjadi Wakil Kepala Polwiltabes Bandung pada 2009. 

Tahun 2013 Dofiri diangkat menjadi Wakapolda Yogyakarta sebelum diangkat menjadi Kapolda Banten pada 2016.

Ia kemudian kembali ke Yogyakarta dengan menjadi Kapolda Yogyakarta. Dofiri kemudian dipercaya sebagai Asisten Logistik Kapolri sampai sekarang.

Kini ia dipercaya menggantikan Rudi Sufahriadi di Polda Jawa Barat. Rudi dicopot karena dinilai tak bisa menjaga pelaksanaan protokol kesehatan terkait pandemi covid-19.

Meski tak dijelaskan, beberapa waktu lalu ada kerumunan massa Rizieq Shihab di kawasan Puncak, Jawa Barat. 

Selain Rudi, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana juga dicopot dari jabatannya dan digantikan oleh Irjen Fadil Imran. Di DKI Jakarta Rizieq juga menggelar acara maulid nabi dan pernikahan putrinya di kawasan Petamburan yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar.

Sumber: CNN Indonesia

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.