DPD PBB Prov Sumbar Satu Rasa Satu Jiwa NKRI Harga Mati Siap Berkontribusi Mendukung Kebijakan Pemerintahan

Rapat Pengukuhan Pengurus DPD PBB Sumbar periode 2020-2025 (Info)

INFONUSANTARA.NET - Pemuda Batak Bersatu (PBB) adalah organisasi kemasyarakatan yang terdiri dari lintas etnis Batak tanpa memandang perbedaan agama. Sedangkan keanggotanya berasal dari berbagai lintas profesi.

Melihat tingginya animo masyarakat Batak terhadap PBB ini, membuat organiasi ini menjadi organisasi yang diperhitungkan di tingkat nasional.Nama Pemuda Batak Bersatu (PBB) yang baru berumur satu tahun ini, terus menggema dan menjadi perhatian di tengah-tengah masyarakat, khususnya dari lintas etnis, seperti Batak Toba, Mandailing, Karo, Simalungun, Pakpak dan Angkola.

M.Siringoringo S.Pd.K, selaku penerima surat mandat dari Dewan Pimpian Pusat (DPP) Pemuda Batak Bersatu ( PBB ) Nomor : 067-SM/DPP PBB/X/2020 tanggal 27 Oktober 2020 tentang membentuk Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Provinsi Sumatera Barat,Dan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Batak Bersatu Nomor : 083/DPP-PBB SKEP/X/2020 tanggal 11 November 2020 tentang Pengukuhan Dewan Pengurus Daerah Pemuda Batak Bersatu Provinsi Sumatera Barat Peiode: 2020 - 2025.

Pada Sabtu (14/11) kemaren, kepada Infonusantara.net M.Siringoringo S.Pd.K mengatakan, kegiatan rapat yang kita gelar dalam kesempatan ini merupakan bentuk keseriusan kami untuk menjalankan motor organisasi etnis Batak yang akan segera memberikan peranan serta kiprah positif untuk kebaikan dan kemajuan NKRI dan khusus di Sumatera Barat.

Nah, pada malam ini kita hadir bersama sama mengukuhkan struktur kepengurusan,AD/RT sekaligus sosialisasi, memberikan pemahaman, motivasi tentang organisasi yang akan di jalankan kedepan oleh pengurus Pemuda Batak Bersatu (PBB) Provinsi Sumatera Barat Periode: 2020 - 2025. Turut mendampingi dari salah seorang Dewan Kehormatan (DK) untuk DPD PBB Sumbar bapak Jongguk Maransi Siagiaan.Beliau ini orang Batak yang sudah lama menetap di Kota Padang dan merupakan Pimpinan Umum HARIAN UMUM KORAN PADANG yang ada di Kota Padang Sumatera Barat ini.

M.Siringoringo S.Pd.K, menjelaskan sejarah berdirinya (PBB) Pemuda Batak Bersatu adalah organisasi kemasyarakatan yang terdiri dari lintas etnis Batak tanpa memandang perbedaan agama.Lahirnya organisasi PBB ini, berawal dari sebuah komunitas kecil orang Batak di seputaran Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, yang diberi nama “Satahi Sapartinaonan” yang artinya satu rasa. Dan semakin berkembang, sampai kemudian berubah nama menjadi Paguyuban Pemuda Batak Bersatu. Seiring berjalannya waktu, pada Oktober 2019 lalu, Paguyuban Pemuda Batak Bersatu berubah nama menjadi Pemuda Batak Bersatu  dan  Ketua Umum DPP Pemuda Batak Bersatu, Lambok Sihombing

Perubahan ini menjadi sejarah baru bagi PBB yang sudah memiliki badan hukum secara resmi. Akte Notaris: No. 08-10-2019 Sartono, SH., M.Kn dan sudah memiliki SK dari Kementerian Hukum dan HAM RI yaitu SK. Kemenkum dan HAM No. AHU-202.AH.02.01.Tahun 2012. Sementara untuk Kepengurusan DPD PBB Provinsi Sumatera Barat kita sudah menyiapkan legalitasnya dan terdaftar di KemenkumHam Sk.No.AHU-0010985.AH.01.07Tahun2019.

Lebih lanjut disampaikan,bahwa PBB adalah orang-orang yang berjuang bersama bentuk tanggungjawab kita orang Batak sebagai anak bangsa demi keutuhan NKRI harga mati.Kita sebagai anak bangsa berjuang untuk bangsa mendukung kebijakan pemerintah menjadikan pemerintah yang e government.

“Disini di Sumatera Barat Pemuda Batak Bersatu maju bersama satu rasa satu jiwa .Kita ada disini untuk bersatu, satu jiwa NKRI harga mati,berbuat khususnya di Sumbar guna mendukung kebijakkan pemerintah”ungkapnya.

Selain itu sebut M.Siringoringo S.Pd.K, dengan catatan juga boleh saja bukan orang Batak bergabung dalam Pemuda Batak Bersatu seperti Buya atau ustadz. Namun kita melihatnya dari sudut pandang dan persepsi yang sama. Sama-sama berjuang demi kebaikan dan kebersamaan, sikap toleransi dalam menjunjung rasa persatuan dan kesatuan,gotong royong, dan memberikan kontribusi kita sebagai anak bangsa walaupun dalam keberagaman PBB harus tetap bersatu,satu rasa satu jiwa untuk NKRI harga mati.  

Untuk apa PBB di Sumbar? Pemuda Batak Bersatu adalah orang orang atau keluarga etnis Batak yang hidup,bekerja dan tinggal di Sumbar.Dikatakan,orang Batak yang sudah tinggal disini di bumi Ranah Minang jangan hanya bisa menguras,mencari keuntungan lalu dibawa keluar dari Sumatera Barat.Kita tak inginkan hal itu,akan tetapi kita harus bisa berbuat membawa kemajuan kedalam Sumbar itu sendiri,saling bergandengan tangan satu sama lain mengawal sekaligus mendorong program pemerintah.untuk kedepan lebih baik," pungkas Siringoringo.

Dikatakan,Pemuda Batak Bersatu (PBB) telah terbentuk di tingkat provinsi ada 20 Dewan Pimpinan Daerah (DPD), tingkat kab/kota ada 105 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) di tingkat kecamatan ada 320 di seluruh penjuru tanah air Indonesia.

Sementara Jongguk Maransi Siagiaan yang diberikan kepercayaan selaku Dewan Kehormatan DPD PBB Sumatera Barat mengajak kepada kepengurusan PBB 2020- 2025 agar dapat merangkul seluruh pemuda berdarah Batak, agar semakin kompak dan solid.

Menurutnya, jika ada orang yang menjual suku Batak untuk kepentingan pribadi, diharapkan PBB hadir untuk memberikan perlawanan.Banyak berharap, organisasi PBB ini tetap berjalan sesuai dengan visi dan misinya, yaitu, mempererat tali persaudaraan orang Batak yang memang selama ini dikenal bersatu dan terorganisir. Bagi Pemuda Batak Bersatu di Sumbar harus bisa juga bapandai pandai,harus tahu raso jo pareso seperti umumnya ungkapan filosofi bagi masyarakat di Sumatera Barat.Dan melalui PBB ini harus dapat merangkul orang Batak dari suku apapun itu dan apapun itu ketika ada persolan wajib kita carikan solusinya.Selama tidak melanggar aturan.

Kemudian jangan ketika Batak Toba mengalami duka,sementara kita Batak Mandailing atau Karo,Simalungun,Pakpak tidak mau turut menempatkan diri walau sebentar ikut belasungkawa.Disinilah perananan Pemuda Batak Bersatu (PBB) itu dimulai,mari saling sampai menyampaikan kita kepada yang lainnya,walau tidak ada hubungan kerabatan dengan kita,tapi orang Batak tetap darah orang Batak.

Percayalah dari hal-hal sosial ditengah kehidupan bermasyarakat ketika eksistensi Pemuda Batak Bersatu(PBB) ini solid,mengambil peran ditengah masyarakat dan terutama bagi orang Batak yang tinggal di Sumbar,maka tak akan sulit menjadikan DPD PBB Sumbar suatu organisasi kemasyarakatan yang hargai dan disegani di Sumatera Barat,”sebut Opung panggilan akrab Pimpinan Umum Koran Padang itu. 

Selain itu saya berharap Pemuda Batak Bersatu bisa menciptakan dan menjadi kader-kader pemimpin bangsa yang dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara kita tercinta ini dengan menciptakan bangsa yang benar-benar toleran, rukun dan mempunyai semangat gotong royongan.Tanpa membedakan agama suku dan lainnya.(Inf)






[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.