Paslon NA-IC Mendaftar ke KPU Sumbar (Foto:INFONP)
INFONUSANTARA.NET
Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dan Indra Catri, sudah mendaftar ke KPU Sumbar, Sabtu (5/9/2020) sore. 

Pasangan Cagub Wacagub Sumbar di Pilkada serentak tahun 2020 dari partai Gerindra Nasrul Abit- Indra Catri ( NA-IC) yang semula merencanakan untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar pada hari ke tiga(terakhir,red), Minggu (6/9/2020) tiba-tiba mengubah jadwal pendaftaran dan mendaftar pada hari ke-2, Sabtu (5/9/2020) pukul 16.00 WIB.

Mengapa tiba-tiba mendaftar di percepat dari jadwal semula, Nasrul Abit mengatakan, setelah mempertimbangkan standar protokoler kesehatan, karena hari terkahir ada 2 (dua) Paslon lainnya mendaftar, diperkirakan massa cukup banyak maka diambil kesimpulan NA-IC mendaftar hari ke-2 ,Sabtu sore ini.

"Setelah mempertimbangkan banyak hal, termasuk ramainya massa yang bisa melanggar protokoler kesehatan Covid-19, maka kami mengambil kesimpulan mendaftar hari ini," jelas Nasrul Abit.

Diakuinya, memang banyak kalangan terkejut, termasuk kader dan relawan, namun setelah semua tau pertimbangannya maka dapat dipahami semua pihak.

Usai penyerahan berkas pencalonan Nasrul Abit menyebutkan bersama Indra Catri telah menyerahkan syarat pencalonan maju sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.

"Ada pun dokumen yang diterima oleh KPU sudah diperiksa dan diverifikasi. Setelah itu, semua dinyatakan lengkap dan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan administrasi," kata Nasrul Abit didamping Indra Catri dan juga Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade dan Sekretaris Gerindra Sumbar Evi Yandri kepada wartawan.

Tidak lupa juga Nasrul Abit mengucapkan terimakasihnya dan tim kepada KPU dan Bawaslu yang sudah menunggu dia dan Indra Catri untuk mendaftar di hari itu.

Nasrul Abit juga berharap sampai waktu penetapan calon dan nomor urut nanti, Mudah-mudahan tidak ada masalah bagi pencalonan dirinya bersama Indra Catri, baik dari KPU maupun Bawaslu Sumbar.

Tidak lupa juga Nasrul Abit menjelaskan setiap calon punya visi misi dan punya keinginan untuk menang, begitu juga bagi NA-IC.

Sekilas Nasrul Abit juga menyampaikan visi misinya untuk mencalon, sebab setiap calon punya visi misi dan punya keinginan untuk menang, begitu juga bagi NA-IC.

"Untuk memenangkan Pilgub Sumbar ini, saya bersama Indra Catri berkomitmen untuk bekerja keras membangun Sumbar ke depan. Saya bersama Indra Catri akan melakukan penataan di bidang pemerintahan sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada," kata Nasrul Abit.

Ketua Relawan Pemenangan, Budi Syukur yang didampingi Sekretaris Relawan, Fajril Ale, mengatakan, calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung Gerindra sangat patuh aturan, khususnya taat protokoler kesehatan covid-19, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran.

"Cagub kita patuh pada aturan, sehingga dengan pertimbangan yang amat matang, kita sepakat melakukan pendaftaran hari ini, menghindari ramainya kumpulan massa," ulas Budi Syukur.

Demikian juga dengan Ketua Pemenangan Pemilu yang juga Ketua DPRD Sumbar, Supardi, menyatakan menjaga standardisasi kesehatan menjadi konsekuensi untuk pemenangan kedepan.Setelah mendaftar, Supardi akan merapatkan barisan, membentuk pemenangan yang solid sampai tingkat terendah RT atau Jorong.

"Kita akan bentuk pemenangan dan konsolidasi antara partai dan non partai, yakni relawan sampai kepelosok negri, untuk memenangkan calon kita," tambah Supardi.

Prosesi penerimaan dan pemeriksaan berkas pasangan NA - IC yang memakan waktu sekitar 2 jam tersebut, berjalan baik, dan mengikuti protokoler kesehatan yang ditetapkan oleh KPU Sumbar.

Berkaitan degan mendadaknya pendaftaran Nasrul Abit, komisioner KPU Sumbar mengatakan, mereka mendapat kabar adanya perubahan pendaftaran Nasrul Abit, setelah pukul 14.00 Wib, selanjutnya menyiapkan semua yang diperlukan.

"Dari awal kita sudah siap untuk menerima pendaftaran Paslon, sesuai dengan jam kerja yang sudah ditentukan, serta tetap memakai standar protokoler kesehatan covid-19," tegasnya.

Sedangkan menyangkut syarat calon, Nova Indra menjelaskan juga lengkap diserahkan bapaslon ini. Misalnya mulai dari ijazah, KTP elektronir, foto, dokumen pajak, dokumen LHKPN dan lainnya, juga dinyatakan lengkap.

Dengan lengkapnya syarat calon yang diserahkan dan itu disaksikan Bawaslu Sumbar, maka KPU Sumbar menyatakan lengkap dan dapat diterima, dan akan dilanjutkan kepada proses pemeriksaan kesehatan yakni pada 7-10 September ini.(*)

INFO NUSANTARA PERSADA




 
Top