PILIHAN REDAKSI

Minimalisir Tindakan Kejahatan, Polres Payakumbuh Sasar Daerah Rawan Termasuk SPBU

INFO|Payakumbuh - Demi terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukumnya, Polres Payakumbuh gencar lakukan patroli di daerah-...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Jagoan Pilkada Demokrat-PDIP di Solok Tak Lolos Tes Kesehatan



INFONUSANTARA.NET
Seorang calon bupati di Pilkada Solok, Sumatera Barat, Iriadi Dt Tumanggung dinyatakan tidak memenuhi syarat setelah mengikuti pemeriksaan kesehatan sebagai syarat untuk ditetapkan sebagai calon kepala daerah.

Tes kesehatan calon bupati-wakil bupati Solok digelar di Rumah Sakit Unand, Padang.

Iriadi Tumanggung menjadi bakal calon Bupati di Pilkada Kabupaten Solok berpasangan dengan Agus Syahdeman yang diusung Partai Demokrat, PDIP, dan Hanura.

"Dari laporan hasil pemeriksaan kesehatan ada satu bakal calon dari pasangan calon di Kabupaten Solok yang dianggap tidak memenuhi syarat dan tidak direkomendasikan oleh IDI," kata Ketua KPU Sumatera Barat Amnasmen di Padang, seperti dikutip Antara, Selasa (15/9).

Amnasmen mengatakan hasil pemeriksaan tersebut juga sudah disampaikan oleh KPU kepada bakal pasangan calon dan pimpinan partai politik di Kabupaten Solok.

Pemeriksaan kesehatan tersebut sangat berpengaruh terhadap penetapan pasangan calon di pemilihan kepala daerah yang akan digelar pada 9 Desember 2020.

Menurutnya, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah mengganti bakal calon yang bersangkutan oleh partai politik.

KPU memberikan waktu selama tiga hari mulai dari Senin (15/9) dan hal itu telah diatur dalam Peraturan KPU terkait pencalonan. Menurut dia, untuk memastikan kondisi kesehatan pasangan calon ditentukan melalui hasil pemeriksaan yang dilakukan IDI.

"Dari penjelasan KPU Kabupaten Solok, calon yang bersangkutan secara kesehatan itu tidak memenuhi syarat," katanya

Sebanyak empat bakal pasangan calon telah resmi mendaftar ke KPU Kabupaten Solok dalam kontestasi Pilkada 2020. Selain, pasangan keempat Iriadi - Agus Syahdeman, tiga pasangan lain yang mendaftar yakni pasangan Epyardi Asda - Jon Firman Pandu. Pasangan yang dikenal dengan Asda - Pandu diusung oleh partai PAN dan Gerindra.

Pasangan lainnya, Desra Ediwan Aman Tanur - Adli yang diusung Golkar dan PKS. Kemudian, pasangan Nofi Candra - Yulfadri Nurdin yang diusung partai Nasdem dan PPP.
Sumber:CNN Indonesia

INFO NUSANTARA PERSADA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »