Andre Rosiade
 Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar
INFONUSANTARA.NET
PADANG - Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade, memberi sinyal akan memecat Tri Suryadi, kader Gerindra yang didukung Partai Demokrat (PD) maju pada Pilkada Kabupaten Padangpariaman. Andre menyebut pemecatan kader diatur dalam aturan internal partai.

Tri Suryadi yang akrab disapa Wali Feri, merupakan Anggota Fraksi Gerindra DPRD Sumbar yang memang ngotot maju di Pilkada Sumbar. Tak tanggung-tanggung, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, besar harapannya agar Tri Suryadi yang berpasangan Andah Taslim sukses memenangkan Pilkada Padangpariaman mendatang.

Wali Feri mengatakan Partai Demokrat memiliki empat kursi di DPRD Padangpariaman dan membutuhkan koalisi dengan penambahan minimal empat kursi lagi dari partai politik lain agar bisa mendaftarkan pasangan calon bupati dan wakil bupati ke KPU Padangpariaman.

Kepastian Wali Feri berlabuh ke Demokrat, apalagi beredar fotonya berbaju Demokrat, membuat Andre memastikan, hal itu pelanggaran. “Tentu saja ada aturan partai. Kita pecat dan berhentikan dari partai,” kata Andre dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (21/8) pagi.

Menurut Anggota Komisi VI DPR RI ini, pihaknya sangat memahami dan menghormati hak politik Tri Suryadi untuk maju sebagai bakal calon Bupati Padangpariaman pada Pilkada 2020. “Namun, partai harus menegakkan aturan. Maju dari partai lain dan (mengenakan) jaket partai lain pula, tentu akan kita tindak,” kata Andre.

Pemecatan juga akan berpengaruh terhadap posisi Tri Suryadi sebagai anggota DPRD Sumbar. Meskipun sebenarnya, dengan ditetapkan oleh KPU sebagai calon kepala daerah, dia juga sudah mengantongi surat mundur dari DPRD Sumbar.

Kemungkinan Tris Suryadi juga akan diganti sebagai anggota dewan. “Kalau sudah diberhentikan dari partai, otomatis keanggotaannya di DPRD juga akan diganti,” ujar Andre.

Andre belum merinci langkah pemecatan terhadap Tri Suryadi. Namun dia menghormati keputusan Tri. “Sekali lagi, kami menghormati hak individu dan konstitusi Wali Feri, namun partai juga punya aturan,” sebut ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Di Pilkada Padangpariaman, Gerindra sudah sepakat untuk berkoalisi dengan PKS mengusung pasangan Refrizal-Happy Neldi. Refrizal adalah mantan anggota DPR RI dari PKS, sedangkan Happy Neldi merupakan Ketua DPC Gerindra Kabupaten Padang Pariaman.

Tri Suryadi sendiri sudah menerima SK pencalonan dari PD di Jakarta, Rabu (19/8). SK langsung diserahkan AHY didampingi Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, Mulyadi dan Ketua DPC Demokrat Kabupaten Padang Pariaman, Januar Bakri. Ia dipasangkan dengan Taslim.

Dari video penyerahan SK kepada Tri Suryadi, Ketua Umum PD AHY terlihat sangat gembira. Berkali-kali AHY menyebut nama Tri Suryadi dan Taslim. “Sampaikan salam saya kepada Pak Taslim yang akan mendampingi Pak Tri Suryadi maju pada Pilbub Padang Pariaman,” ujar AHY.

AHY mengatakan besar harapannya agar Tri Suryadi-Taslim sukses memenangkan Pilkada Padangpariaman mendatang. “Jika terpilih jadilah pemimpin amanah yang adil dan bisa mensejahterakan masyarakat yang ada di Kabupaten Padang Pariaman,” ungkap AHY.

“Hari ini bahagia bisa menerima langsung kandidat yang akan Demokrat usung di Pilkada Padang Pariaman Bapak Tri Suryadi yang akan berpasangan Pak Taslim,” imbuhnya. (r)

Sumber:posmetropadang.co.id

INFO NUSANTARA PERSADA

 
Top