Andre Rosiade Anggota DPR RI Dapil Sumbar 1
Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar (ist)
INFONUSANTARA.NET
PADANG - Andre Rosiade Anggota DPR RI dari Partai Gerindra mengaku siap menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan oleh PT Bio Farma yang bekerjasama dengan Sinovac, perusahaan bioteknologi asal China.

"Saya berencana nanti mendaftar sebagai relawan. Setelah pendaftaran Calon Gubernur di Sumatera Barat saya akan mendaftar sebagai relawan untuk mencoba vaksin yang lagi diuji klinis ketiga ini" ujar Andre ,Sabtu (22/8).

Andre mengatakan, vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan oleh PT Bio Farma bersama dengan Sinovac saat ini sudah masuk dalam tahap uji klinis ketiga dan pelaksanaannya dipusatkan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.

"Akhir bulan Juli vaksinnya sudah sampai di Bandung, per 1 Agustus sudah mulai uji coba, uji klinis ketiga itu ada beberapa tahap" jelas Andre.

Sebagai Anggota DPR RI Komisi VI, Andre mengaku mulai pekan depan berencana mengundang dan menanyakan langsung sejauh mana perkembangan uji klinis vaksin Covid-19 kepada Menteri BUMN, Erick Thohir dan juga pihak PT Bio Farma.

"InshaAllah mulai pekan depan kita undang Menteri BUMN dan Bio Farma untuk menanyakan uji klinis ketiga yang dilakukan di Indonesia dan juga beberapa Negara," kata Andre.

Ditambahkan Andre, selain vaksin yang dibuat oleh PT Bio Farma dan Sinovac juga ada vaksin yang sedang dikembangkan Badan Intelijen Negara (BIN), TNI dan Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya yang diklaim sudah memasuki tahap akhir.

"Sama-sama kita dukung, UNAIR didukung, BUMN akan kita dukung. Yang penting bisa saling bekerjasma, saling menguatkan, yang penting Covid ini bisa selesai," tegas Andre.

Sebagai catatan, hingga saat ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum merekomendasikan satu pun obat untuk mencegah atau mengobati corona.

Sumber : Binews.id

INFO NUSANTARA PERSADA
 
Top