PILIHAN REDAKSI

Minimalisir Tindakan Kejahatan, Polres Payakumbuh Sasar Daerah Rawan Termasuk SPBU

INFO|Payakumbuh - Demi terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukumnya, Polres Payakumbuh gencar lakukan patroli di daerah-...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Andre Minta Menteri BUMN Gandeng Labor Biomedik FK Unand Padang jadi Pusat Virologi Sumatera

Anggota VI DPR RI Andre Rosiade (kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri).Foto: (ist)
INFONUSANTARA.NET
JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Sumbar 1, Andre Rosiade dalam Rapat Kerja Komisi VI DPR RI dengan Menteri BUMN, Erick Thohir, di Gedung Nusantara I DPR RI Jakarta, Kamis (27/8) kemarin menyampaikan usulan menjadikan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) Padang sebagai Pusat Virologi di Sumatera.

Karena pak Menteri sudah menyinggung soal virus, saya ingin mengusulkan sesuatu. Kemarin saya memberikan 10 ribu alat Swab PCR ke Laboratorium Unand Padang.Saat ini, laboratorium yang dipimpin dr Andani ini bisa memeriksa spesimen dengan jumlah banyak setiap harinya

"Laboratoriumnya masih sederhana, tapi mampu bekerja dengan cepat untuk memastikan ribuan spesimen terinfeksi virus corona atau tidak," kata Andre.

Menurut Andre, di masa datang perang Indonesia dengan negara lain bisa terjadi dalam bentuk perang biologis. Dia mengusulkan Kementerian BUMN menggandeng atau membantu pembangunan laboratorium biomedik FK Unand sebagai tempat penelitian spesimen Covid-19 di Sumatera.

Usulan Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat ini disampaikan berkaitan dengan prestasi Laboratorium Biomedik FK Unand yang berhasil memecahkan rekor pemeriksaan terbanyak nasional dengan memeriksa 3.195 spesimen Covid-19. Hanya saja, menurut Andre, laboratorium FK Unand belum memiliki fasilitas memadai untuk menunjang riset dan penelitian mereka.

"Lab FK Unand itu teknologinya mungkin tertinggal dari universitas lain seperti UI misalnya. Tapi spesimen yang mereka kumpulkan itu terbanyak di Indonesia. Mereka bisa periksa kurang lebih 3.200 spesimen sehari," ungkap Andre langsung disambut anggukan oleh Menteri Erick Thohir.

Lebih lanjut Andre menyebutkan, karena letaknya di Sumatera, tentu sangat membantu dalam pemutusan mata rantai penyebaran virus corona di sana.

"Jadi pembangunan itu tidak hanya di Jawa tetapi juga di Sumatera. Apalagi kinerja laboratorium FK Unand terbukti paling top di Indonesia saat ini," ujar  ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Menteri BUMN Erick Thohir yang mendengar langsung hal tersebut mengaku akan mendiskusikan usulan tersebut. Selama untuk membantu pemberantasan Covid-19, tentunya Kementerian BUMN bisa mendukung. "Kami terima usulannya dan akan dipelajari dulu," katanya.

Sebelumnya, Sabtu (22/8) lalu, Andre Rosiade menyerahkan 10.000 alat pengambilan sampel untuk tes PCR swab untuk Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang. Bantuan pribadi itu dinilai seharga Rp1,5 miliar.

"Alhamdulillah, hari ini kami mengantarkan 10 ribu alat PCR swab untuk Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas langsung diterima kepalanya pak dr Andani," kata Andre.

Andre menyebut, sengaja mengantarkan bantuan alat ini, karena mendengar kebutuhan Sumbar sangat tinggi. Apalagi dengan adanya Labor Unand yang menjadi rujukan pemeriksaan Covid-19 di Sumbar dan Sumatera secara umum. Dia berinisiatif memberikan alat ini, agar pemeriksaan lebih optimal guna memutus mata rantai penyebaran virus corona di Sumbar.

Labor Unand ini memiliki banyak keunggulan dan kecepatan pemeriksaan. Selama beberapa bulan terakhir menerima 60 ribu alat swab test ini. Sekarang kita tambah 10 ribu lagi, insya Allah bulan depan atau Oktober kita tambah lagi 10 ribu.

"Kami terus bertekad memberantas penyebaran Covid-19 di Sumbar," tegas Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.
Sumber: detikcom

INFO NUSANTARA PERSADA
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »