Ketua PDI Perjuangan Sumbar Alex Indra Lukman
INFONUSANTARA.NET
PADANG – Pemerintahan provinsi Sumatera Barat, mesti mengawasi dengan sungguh-sungguh pelaksanaan protokol kesehatan di masa kenormalan baru Pandemi Covid19.  

Keseriusan dan konsistensi itu, jadi tolak ukur masyarakat dalam menilai upaya pencegahan penularan virus corona yang dilakukan pemerintah.  

Pernyataan ini disampaikan Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat, Alex Indra Lukman melalui pernyataan tertulis, Minggu (23/8/2020). Hal ini tak lepas dari terus naiknya grafik angka penularan virus yang telah melumpuhkan berbagai sendi kehidupan itu. 

“Bagi warga yang terkonfirmasi positif, diharapkan mengabarkan kondisinya secara terbuka pada masyarakat sekitar lingkungannya. Untuk para tokoh masyarakat, seharusnya jadi teladan sebagaimana dilakukan Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni. Dia mengumumkan secara terbuka kondisinya yang terpapar Covid19, begitu hasil test swabnya dinyatakan positif,” ungkap Alex. 

Alex berpendapat, tokoh masyarakat sangat penting bersikap terbuka, karena dia berinteraksi dengan banyak orang setiap harinya. 

“Saat ini, salah satu cara efektif dalam penghentian penularan, adalah melakukan tracing (penelusuran) setiap orang yang melakukan kontak erat dengan penderita. Inilah pentingnya bersikap terbuka,” tegas Alex. 

“Kita doa kan, Pak Ali Mukhni bisa segera pulih kembali,” tambahnya. 

“Kita mengapresiasi keterbukaan yang dilakukan, sehingga yang pernah kontak erat dengan beliau, bisa segera melakukan tes swab. Tak perlu takut ikuti test swab. Ini semua untuk kebaikan bersama, terutama diri kita dan keluarga,” ucap Alex. 

Poin penting protokol kesehatan yang mesti diawasi pemerintah secara konsisten dan serius, terang Alex, yaitu mengingatkan warga untuk gunakan masker terutama di ruang publik dan menjaga jarak (physical distancing) di tempat keramaian. 

Sedangkan protokol kesehatan yang fokus ke warga, ungkap Alex, yaitu kebersihan tangan jadi yang utama, tidak menyentuh wajah sembarang dan menutupi hidung saat bersin dengan lengan bagian dalam. 

“Jika terpapar, bisa isolasi secara mandiri. Yang paling penting, jaga kesehatan dan minum multivitamin yang bermanfaat untuk imunitas tubuh,” terangnya. (relis)

INFO NUSANTARA PERSADA
 
Top