PILIHAN REDAKSI

Tekan Inflasi, PJ Bupati Mentawai Bersama Forkopimda Galakkan Penanaman Cabe

INFO|MENTAWAI - Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian galakkan gerakan penanaman cabe sere...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Pelantikan DMI Kecamatan Padang Utara Diwarnai Peluncuran Koperasi Serba Usaha


Infonusantara.net
PADANG - Humas Bank Nagari Padang, Muhammad Riza Harry Susanto menginformasikan, bank milik daerah yang telah siap konversi ke sistem syariah ini, tak hanya siap membantu pengelolaan keuangan masjid dan mushalla, melainkan juga siap mendampingi unit-unit bisnis yang dikelola Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang ada di ibu kota Provinsi Sumbar ini.

"Bank Nagari ingin masuk lebih jauh dalam pemberdayaan ummat. Bank Nagari akan ikut langsung mengembangkan ekosistem ekonomi berbasis syariah. Kami membuka pintu selebar-lebarnya pada setiap elemen masyarakat untuk saling bersinergi," ungkap Riza saat pelantikan Pengurus Cabang Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Padang Utara, Rabu (22/7/2020).

Sebelumnya, ungkap Riza, Bank Nagari telah menyediakan layanan QRIS bagi ummat yang akan membayarkan zakat, infak, sadaqah ataupun waqaf secara online. Layanan QRIS ini merupakan sistem pembayaran non tunai yang disediakan perbankan, untuk menjawab perubahan pola transaksi di masa depan.

"Konsep Bank Nagari Syariah untuk pengembangan ekosistem ekonomi ummat, akan kami paparkan pada Rakerda DMI Padang pada 25 Juli 2020 nanti," ungkap Riza.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua Baznas Padang, Syafriadi Autid. Menurutnya, Banzas Padang siap mendukung pemberdayaan ekonomi ummat.

"Baznas Padang punya program khusus di sektor ekonomi ummat ini, Padang Bangkit," ungkapnya.

Ramaikan Kembali Masjid

Sementara, Ketua Harian DMI Kota Padang, Johardi Dt Bandaro Putiah menyampaikan permohonan maaf Ketua Umum DMI Padang, Maigus Nasir yang tak bisa melakukan pelantikan secara langsung.

"Karena tugas beliau sebagai anggota DPRD Sumbar, Pak Maigus hanya berkesempatan melantik 6 dari 11 pengurus cabang di Padang. Sebanyak 5 pengurus cabang tersisa, akan dilantik Kakan Kemenag Padang," ungkap Johardi.

Di kesempatan itu, Johardi mengingatkan DMI Padang Utara untuk menyiapkan program kerja. Selain itu, juga membentuk pengurus ranting DMI di tingkat kelurahan

Kakan Kemenag Padang, Marjanis informasikan soal adanya aplikasi online untuk pendataan masjid secara nasional. Hasil pendataan dari Sistem Informasi Masjid (Simas) ini bisa dilihat di alamat https://simas.kemenag.go.id.

"Manajemen, pemakmuran dan pemeliharaan masjid merupakan elemen yang mesti diisi dalam Simas itu," ungkapnya.


Saat pembacaan SK Pengurus Cabang yang dilakukan M Fikar (sekretaris DMI Padang) disebutkan, Pengurus Cabang DMI Kecamatan Padang Utara, dipimpin B Evandry Dt Rajo Batuah bersama Patra Rina Dewi (sekretaris) dan Arnita (bendahara).

Untuk majelis mustasyar, dipimpin Prof H Nurtain dengan Azwar Hasan (wakil ketua) dan dua orang anggota. Sedangkan majelis pakar, diketuai Indra Farni, Darmawan Kasim (wakil ketua) dengan dua orang anggota.

Susunan pimpinan harian kecamatan ini, dilengkapi dengan 7 bidang dengan seorang ketua dan beberapa orang anggota.

Dikesempatan itu, juga dikukuhkan Koperasi Serba Usaha Nurul Ikhlas yang jadi salah satu unit bisnis DMI Padang Utara.

Koperasi ini berawal dari zakat harta jemaah lalu dikembangkan jadi sebuah koperasi yang dibentuk pada 19 Juni 2020 lalu. Usaha anggotanya juga beraneka ragam. Seperti peternakan, kuliner, produk Sembako, pembuatam kompos dan lainnya. (relis)

INFO NUSANTARA PERSADA

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »