Rektor Universitas Universitas Negeri Padang
Prof. Ganefri

Infonusantara.net - Selama pemerintahan Presiden Joko Widodo, pembangunan yang diperhatikan tidak hanya di Jawa dan Sumatera saja atau ke arah barat semata, namun juga sudah ke arah timur, khususnya Papua. Berbagai infrastruktur dihadirkan sebagai langkah nyata memperkuat perekonomian masyarakat.

Berbagai infrastruktur yang dibangun seperti jalan Trans Papua, jembatan Panjang Hamadi-Holtekam, lalu infrastruktur kelistrikan di Papua dan Papua Barat, Bandara Sentani, hingga pembangunan jalan perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Menurut Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri menilai apa yang dilakukan pemerintah sudah pada jalur yang tepat. Karena menurutnya, dalam konsep teori pembangunan, untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat, tentu hal yang utama yang harus dilakukan adalah membangun infrastruktur harus disiapkan dulu.

"Dengan pembangunan infrastruktur, nantinya akan terjadi proses migrasi dan mobilisasi massa, yang tentu saja akan membuat perekonomian bergerak," katanya.

Dengan pembangunan infrastruktur, tentunya masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan aktivitas ekonomi. Pergerakan dan mobilisasi masyarakat akan lebih mudah dan lancar. 

Menurutnya, saat ini, sebenarnya pemerinta sangat berimbang dalam melaksanakan pembangunan. Hampir seluruh wilayah Indonesia kini dijangkau pemerintah dalam membangun. 

"Kita harus fair juga dalam melihat, semua wilayah kini dibangun pemerintah. Seperti Sumatera Barat, juga sangat diperhatikan pemerintah. Namun kadang kesulitan itu datang dari kita sendiri. Misalnya seperti jalan tol, padahal di Sumbar sama-sama diresmikan pembangunannya dengan Riau. Kini mereka sudah siap, namun kita masih saja kesulitan dalam pembebasan lahan," katanya.

Sementara itu, Johanis Tjoe, pesepakbola asal Papua yang pernah membela Semen Padang mengaku, pembangunan di Papua saat ini jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Berbagai infrastruktur sudah dibangun pemerintah di Papua. Jalan-jalan kini sudah jauh lebih baik. Bandara, pelabuhan, serta jembatan kini sudah dibangun.

"Papua sekarang sangat jauh lebih baik dari sebelumnya. Kita tentunya bersyukur pemerintah sudah memperhatikan pembangunan ke Papua. Semoga kedepan akan lebih baik lagi," pungkasnya.(mbb)

INFO NUSANTARA PERSADA
 
Top