Puluhan WNA etnis Rohingya diturunkan warga dari kapal. Foto (Indris bendung/rakyat aceh)
Infonusantara.net
Aceh - Aksi puluhan warga Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Aceh, yang nekat menarik kapal motor yang diketahui ditumpangi 94 imigran Rohingya, Kamis (25/6) lalu menuai pujian. 

Rakyat Aceh melansir, kapal tersebut sempat tertahan karena tak diperbolehkan mendarat oleh petugas keamanan setempat. Warga mendesak imigran etnis Rohingya supaya segera diturunkan ke daratan.

Kapal imigran yang konon dalam kondisi rusak itu awalnya tidak diizinkan oleh aparat keamanan berada dekat di bibir pantai. Posisi kapal dalam radius sekitar 800 meter dari pantai.

Tindakan masyarakat Aceh ini yang menarik kapal tersebut mendapat apresiasi dari netizen hingga tokoh politik tanah air. 

Salah satunya dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). "Apresiasi kepada masyarakat Aceh, yang membantu hampir 100 pengungsi Rohingya yang terdampar di perairan Sumatera, karena kapalnya rusak. Sekitar 30 orang adalah anak-anak. Inilah adalah wujud spontanitas bantuan kemanusiaan," cuit @AgusYudhoyono, Sabtu (27/6).

Hingga siang ini, Aceh masuk deretan trending topik Twitter di Indonesia, dan berbagai video maupun foto penyelamatan pengungsi Rohingya pun bertebaran di media sosial itu.

Sumber: Rakyat Aceh jpnn.com

INFO NUSANTARA PERSADA

 
Top