Foto :Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt Rajo Alam secara simbolis menyerahkan bantuan kepada perwakilan pengurus Kecamatan Lubuk Begalung, Zahirsyah Bob (ist)

Infonusantara.net -
Di bulan suci ramadhan penuh berkah 1441H /2020 M ini, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang pada Jumat (15/5) hingga Minggu (17/5) mendatang akan santuni sebanyak 230 anak yatim sekaligus serahkan bantuan sembako kepada 11 pengurus LPM tingkat kecamatan dan 104 pengurus LPM tingkat kelurahan. 

Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt Rajo Alam menyampaikan, sebenarnya dirinya ingin sekali bersilaturrahmi dengan seluruh pengurus LPM, baik tingkat Kota Padang, Kecamatan maupun tingkat Kelurahan. 

Namun mengingat situasi pandemi wabah virus corona (Covid-19) maka saat ini cukup bertemu dengan beberapa orang perwakilan saja serta segenap pengurus LPM se-Kota Padang dalam acara berbuka puasa bersama, pada Rabu malam (13/5) kemarin.

Lebih lanjut disampaikan Irwan Basir Dt Rajo Alam.Kita ingin mengembalikan marwah LPM seperti sediakala, tegas Ketua DPD LPM Kota Padang ini mengatakan secara lantang. Jadi, tidak sekedar numpang nama dan menjadi objek penderita. 

"LPM sebagai mitra pemerintah di semua tingkatan harus bisa memberikan kontibusi positif untuk kemajuan pembangunan. LPM siap mendukung serta berperan aktif dalam mensukseskan program -program pemerintah Kota Padang, " tegasnya. 

"Selain itu Irwan Basir mengatakan, LPM sebagai salah satu lembaga sosial yang diakui negara harus bisa bersinergi dengan seluruh elemen yang ada dalam rangka melestarikan kearifan lokal. Penguatan-penguatan lokal ini harus kita pertahankan demi tercapainya tujuan pembangunan di negara tercinta ini. Mari kita bekerjasama, bukan sama-sama bekerja," sebutnya. 

Irwan Basir mengatakan, secara pribadi bantuan yang diserahkan untuk anak yatim serta pengurus LPM ini tidak ada maksud lainnya. Ini murni panggilan jiwa serta wujud kepedulian sosial semata. Begitu juga apa yang dilakukan selama ini bagi warga terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, tidak ada maksud lainnya. " Silahkan saja masyarakat sendiri yang menilainya," ungkap Irwan Basir Dt Rajo Alam yang juga Ketua MPA KAN Pauh IX Kecamatan Kuranji itu.

Dikatakan, bantuan yang akan 
diserahkan untuk teknis selanjutnya yang mengaturnya diserahkan kepada Sekretaris DPD LPM Kota Padang, Akhiruddin.  


Sekretaris DPD LPM Kota Padang Akhiruddin menyebutkan, bantuan berupa uang tunai untuk anak yatim se-Kota Padang sebanyak 230 orang dengan rincian 20 orang per kecamatan dan bantuan sembako untuk 11 pengurus LPM kecamatan dan 104 pengurus LPM kelurahan itu merupakan sumbangan pribadi dari Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Dt Rajo Alam. 

"Kita patut memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada beliau (Irwan Basir, red), atas kepeduliannya terhadap masyarakat selama ini. Dan juga kepada pengurus LPM pada khususnya. Untuk itu kita ucapkan terimakasih banyak pada beliau," kata Akhiruddin seraya memberikan apresiasi.

"Kita sengaja membagi dan mengatur jadwalnya. Sesuai jadwal yang telah disusun pengurus DPD LPM Kota Padang, maka acara penyerahan dilakukan pada Jumat (15/5) hingga Minggu (17/5) mendatang supaya bisa diliput rekan-rekan media. Supaya kegiatan LPM ini bisa diketahui masyarakat," ujar Akhiruddin menjelaskan.

Penyerahan bantuan tersebut diberikan secara simbolis kepada perwakilan pengurus masing - masing Kecamatan yang hadir saat itu. Untuk Kecamatan Kuranji diwakili Deni Nef (Bendahara), Kecamatan Pauh, Afma Sasma Tampan (Ketua), Kecamatan Lubuk Kilangan, Eri Surya (Ketua), Kecamatan Padang Selatan, Akhiruddin (Ketua), Kecamatan Padang Timur, M Yazid (Ketua), Kecamatan Lubuk Begalung, Zahirsyah Bob (Ketua), Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Asar (Ketua).

Kemudian Kecamatan Koto Tangah, Abdul Pandi (Ketua), Kecamatan Nanggalo, Zarman (Ketua), Kecamatan Padang Utara, Ruddy Zeinofra (Ketua) dan Kecamatan Padang Barat, Marzaini Starpis (Ketua).

Untuk hari Jumat (15/5) penyerahan bantuan yang dimulai dari pagi hingga sore, akan dilaksanakan di 3 kecamatan, yakni DPC LPM Kecamatan Kuranji, Pauh dan Lubuk Kilangan. Selanjutnya Sabtu (16/5), di 4 kecamatan, giliran DPC LPM Kecamatan Padang Selatan, Padang Timur, Lubuk Begalung dan Bungus Teluk Kabung. Terakhir, 4 kecamatan lagi pada Minggu (17/5), giliran DPC LPM Kecamatan Koto Tangah, Nanggalo, Padang Utara dan Padang Barat. (noa)

INFO NUSANTARA PERSADA 


 
Top