Infonusantara.net - Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX, Kecamatan Kuranji Kota Padang, Irwan Basir Dt. Rajo Alam menegaskan bahwa anak nagari Pauh IX harus kompak dan bersatu dalam membangun nagari.

Dua organisasi anak nagari Pauh IX yang saat ini lagi eksis yakni Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) dan Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) harus bersinergi dan menjalin kerjasama yang baik. Antara satu sama lainnya harus bisa saling mendukung dalam melakukan kegiatan untuk masyarakat.


"Jadi, saciok bak ayam dan sadanciang bak basi tersebut betul-betul dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-sehari. Baik BMPN maupun FKAN harus sama-sama kita dukung. Karena keduanya merupakan aset nagari kita di Pauh IX ini," ungkap Irwan Basir Dt. Rajo Alam saat memberikan sambutan pada acara silaturrahmi dan bakti sosial BMPN Pauh IX, di kolam pancing Belimbing, Rabu (22/4) kemaren. 

Menurutnya, tujuan berorganisasi sosial itu adalah untuk bersilaturrahmi dan menggali potensi diri demi mecetak kader-kader pemimpin terbaik masa depan, bukan untuk berkompetisi dan saling menjatuhkan.

"Mari kita hilangkan pikiran-pikiran negatif dalam berorganisasi dan kita tumbuhkan ion-ion positif demi kemajuan bersama. Dan satu lagi saya ingatkan, jangan ada 'one man show' atau 'single fighter' dalam berorganisasi. Kalau itu dilakukan, maka organisasi tersebut tidak akan pernah jalan dan berkembang," tuturnya mengingatkan.

Ditambahkannya, dalam sebuah manajemen organisasi yang baik, seorang leader (pemimpin) harus bisa mendelegasikan tugas kepada anggotanya sesuai tupoksinya. Siapa mengerjakan apa dan siapa bertanggungjawab terhadap apa. Disinilah kelihaian seorang pemimpin diuji," tukasnya.


Hal senada juga disampaikan Ketua BMPN Pauh IX, M Fikar Dt. Rajo Magek. Diakuinya, dirinya tidak bisa apa-apa tanpa dukungan pengurus BMPN lainnya dan rekan-rekan media.

"Jujur saja, saya ini tidak ada apa-apanya kalau tidak didukung oleh kawan-kawan pengurus BMPN lainnya, termasuk rekan-rekan media," ucap Fikar serius.

Oleh sebab itu, dirinya mengajak seluruh anak nagari Pauh IX bersatu dan menghilangkan semua perbedaan demi memajukan nagari.

"Soal beda pendapat dalam berorganisasi itu biasa. Tapi perbedaan itu jangan dijadikan jurang pemisah di antara kita. Insya Allah, kalau kita kompak dan bersatu, saya yakin BMPN Pauh IX ini akan besar dan bisa berbuat lebih maksimal untuk masyarakat nantinya," kata Sekretaris Dewan Masjid Kota Padang itu optimis.

Pada kesempatan itu, M Fikar juga menyebutkan ada tujuh kegiatan BMPN yang telah berhasil dituntaskan dengan baik. Di antaranya, kegiatan bagi-bagi masker kepada warga dalam rangka pencegahan bahaya wabah virus corona (covid-19). 

Membantu pemerintah mensosialisasikan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di wilayah Pauh IX Kecamatan Kuranji.

Penyemprotan disinfektan dan bagi-bagi sembako kepada segenap keluarga besar BMPN dan awak media.

Terakhir, atas nama keluarga besar BMPN Pauh IX, M Fikar juga memohon maaf lahir dan bathin seiring akan memasuki bulan suci Ramadhan 1441 H yang sudah diambang mata. (noa)

INFO NUSANTARA PERSADA 
 
Top