PILIHAN REDAKSI

Terkuaknya Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Antar Negara, Dua Pelaku Diamankan Satreskrim Polres Sijunjung

  Dua wanita pelaku kasus tindak pidana perdagangan orang antar negara diamankan di Polres Sijunjung. INFONUSANTARA.NET -- Jajaran Satreskr...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Terkesan Tak Diurus, Wismar Pandjaitan Sayangkan Terbakarnya Ikon Kota Padang Aset Bernilai 6,37 M Itu


Infonusantara.net - Terbakarnya tulisan raksasa Tagline "Padang Kota Tercinta", yang dibangun dengan anggaran Rp 6,37 miliar di Puncak Gunung Padang , Sabtu (30/11), mengundang perhatian banyak pihak. Salah satu pemicu terbakarnya Ikon Kota Padang itu diduga karena kurangnya perawatan dan pengawasan dari pihak terkait selama ini.

Anggota DPRD Kota Padang, Wismar Panjaitan merupakan salah satu pihak yang ikut prihatin dengan peristiwa terbakarnya Ikon Kota Padang itu. Pada Minggu (1/12), Wismar menyempatkan diri mengunjungi puncak Gunung Padang.

Menurutnya, Pemko Padang melalui Walikota harus tegas menyikapi persoalan ini dengan serius. Sehingga OPD terkait yang bertanggungjawab mengurus aset pemerintah Kota Padang benar- benar serius dan melakukan tugasnya.

Selain itu menurut Wismar bukanlah hal yang sepele dan juga sangat menyayangkan sekali tentang anggaran pembangunan dengan dana yang cukup fantastis pada proyek besar tulisan raksasa yang dibangun sebagai ikon Kota Padang ini

"Anggarannya itu sekitar Rp 6,37 miliar dari APBD Kota Padang. Kita sangat prihatin, baru sekitar setahun selesai dibangun , sudah ludes terbakar. Kalau kita gunakan dana itu untuk pendidikan, sudah berapa sekolah yang bisa dibangun" ungkapnya.

Kader Partai PDI Perjuangan yang sudah dua priode duduk di DPRD Padang ini juga mengatakan dengan peristiwa kebakaran tersebut sangat wajar masyarakat Kota Padang mempertanyakan kualitas pembangunan proyek tersebut dan pihak terkaiat harus dipertanggungjawabkan.

Katanya, untuk pembangunan tagline atau tulisan raksasa Padang Kota Tercinta itu, dianggarkan padang 2017 lalu dan realisasi pembangunan 2018. Artinya, baru sekitar setahun lamanya dibangun, tulisan itu sudah terbakar.

"Karena ini adalah aset Kota Padang yang nilai sangat besar, makanya saya mencoba naik keatas bukit ingin melihat langsung dan memastikan kondisi kebakaran itu. Kita juga sempat bertanya kepada beberapa warga disana apa penyebab kebakaran itu," ungkap Wismar.

Dari pantauan yang dia lakukan, lanjut Wismar, terlihat ada beberapa hal yang diduga bisa menyebab terjadinya kebakaran tersebut. Potensi kebakaran itu dilihat dari sisi safety bangunan, perawatan, dan pengawasan dari pihak terkait.

Wismar menilai terkait soal safety, terlihat sangat lemah,  dari peninjauan  yang dilakukan travo listrik di tulisan raksasa yang terbuat dari  baja WF HBM dengan berat  sekitar 40 ton sangat berpotensi terjadinya korsleting. Pemasangan travo jaraknya hanya sekitar 2 meter dari bangunan tanpa  perlindungan yang baik dan letaknya pun sekitar 30 cm dari tanah.

" Seharusnya travo atau sumber listrik itu harus jauh dari jangkauan manusia, atau dibuat boks besar agar betul betul terhindari dari hujan. Apalagilan saat ini musim penghujan, biasa saja kebakaran itu dipicu karena korsleting," ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, soal perawatan. Terlihat sangat minim perawatan yang dilakukan oleh pihak terkait tergadap aset Kota Padang bernilai miliaran itu. Hal ini dibuktikan dengan semak belukar yang sudah membalut tiang tiang bangunan.

" Sekitar lokasi bangunan rumput panjang dan melilit tang bangunan, nampaknya tidak pernah dibersihkan dan dirawat, " Ini juga berpotensi terbakar jika ada orang yang bakar lahan di dekat sekitar lokasi bangunan," terangnya.

Kemudian soal pengawasan. Seperti pengakuan warga di sekitar lokasi, panjutnya, malam hari tidak ada penjagaan. harus ada yang mengawasi dan bertanggungjawab menjaganya," tambah Wismar.

Sebelumnya, pemasangan ikon huruf raksasa di Gunung Padang dibangun untuk menambah daya tarik wisata di Kota Padang, khususnya kota pinggir laut tersebut atau yang ingin berkunjung ke Gunung Padang. Pengunjung yang datang ke Pantai Padang bisa berfoto dengan latar belakang tulisan besar di Gunung Padang di kejauhan.

Sebelumnya,  Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian, menyebut kebakaran ikon kota padang itu diduga terjadi akibat arus pendek.

Dia juga mengatakan bahwa aset tersebut sampai saat ini belum ada serah terima dari Dinas PU ke Dinas Pariwisata. "Belum diserahterimakan dari Dinas PU ke Dinas Pariwisata. Kita berharap dibangun lagi dan baru diserahterimakan," pungkasnya (Inf)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »