Penanaman simbolis pohon produktif oleh jajaran PLN UIW Sumbar di Desa Teluk Buo, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang. 
Infonusantara.net - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) melalui CSR PLN Peduli gelar Program Penanaman 1000 Pohon dalam rangka Hari Menanam Pohon Nasional Tahun 2019 di Desa Teluk Buo, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kamis, 28 November 2019.

"Kegiatan ini serentak dilakukan PT PLN di seluruh Indonesia," Kata GM PLN UIW Sumbar yang kehadirannya diwakili oleh SM Keuangan, Zufar.


Pada kesempatan tersebut, PLN Sumbar memberikan sekitar 1.500 bibit pohon produktif dengan nilai Rp120 Juta yang terdiri dari 10 jenis buah-buahan seperti mangga, durian, kopi, manggis, kelapa dan lainnya. Kegiatan itu juga merupakan bentuk kepedulian PLN kepada masyarakat sekitar sebagai salah satu BUMN strategis yang ada di Sumbar.

Selain itu, bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan PLN untuk mendukung pengurangan remisi udara dan menjaga kelestarian lingkungan. Melalui bantuan tersebut diharapkan agar dapat mendorong pemberdayaan masyarakat.

"PLN Sumbar juga mengajak masyarakat untuk turut berperan aktif dalam usaha pelestarian lingkungan dengan menerapkan Shifting Electricty Lifestyle atau beralih ke penggunaan listrik dalam kegiatan sehari-hari," Katanya. 

Dijelaskannya, jika ingin memasak, gunakan kompor induksi yang juga dapat menghindari resiko ledakan kompor dibandingkan penggunaan kompor gas, serta jika ingin berkendara ganti menggunakan motor listrik karya anak bangsa yang bisa mengurangi polusi lingkungan akibat asap.

"Hal itu juga dapat menjadi langkah nyata kita untuk mulai peduli pada lingkungan dengan menerapkan Shifting Electricity Lifestle," Ujarnya.

Sementara itu, Camat Bungus Teluk Kabung Zulkadri mengungkapkan rasa terima kasihnya pada PLN yang telah menunjukkan kepedulian pada Lingkungan, terkhusus Desa Teluk Buo.

"Bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar karena dapat memberikan dampak positif pada masyarakat. Bantuan tersebut akan dibagi-bagikan pada masyarakat sekitar. Melalui bibit pohon tersebut, tentu kemudian 4-5 tahun kedepan bibitnya tumbuh besar dan berbuah jadi dapat dijual

"Selain meningkatkan positif pada lingkungan, bantuan ini juga dapat meningkatkan ekonomi kami.Semoga PLN dapat memberikan bantuan lain dengan yang lebih besar meningkatkan kesejahteraan Masyakat Desa Buo," pungkasnya (*)



 
Top