Salah Seorang Warga Sampai Aspirasi dalam Reses III Anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman di Jundul Rawang Padang Selatan 
INFO Sumbar - Mengambil Reses III tahun 2018 anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman Dapil I Kota Padang menjemput aspirasi ketengah masyarakat di Jundul Kelurahan Rawang Kecamatan Padang Selatan, Minggu (11/11) 

Terlihat antusias ratusan warga mengikuti reses yang dilaksanakan di Jundul Rawang ini di hadiri warga dari dua kelurahan yakni Rawang dan Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan. Dan yang paling serunya dalam reses ini terjadi komunikasi dua arah dari warga yang langsung menyampaikan aspirasi mereka pada anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman.

Sekretaris Lurah Rawang Ali Buzar Menyampaikan Sambutan 
Dalam kesempatan itu Sekretaris Lurah Rawang, Ali Buzar menyampaikan, di Kelurahan Rawang ini ada sebanyak 14 RW dengan penduduk 11.000 jiwa. Khususnya untuk Jundul Rawang persoalan yang dominan itu adalah masalah banjir, dimana jika turun hujan hanya tiga jam saja sudah terjadi banjir dan paling terdampak banjir pada enam RW. 

Selain itu juga disampaikan bahwa dari ujung bukit karan pada tahun 2017 lalu  kami sudah melakukan usaha mendatang kan eskapator mini untuk menoreh bukit juga untuk menggali saluran drainase untuk meminimalisir air yang datang dari bukit ketika hujan turun.Tapi hal itu hanya sementara, kini  banjir lagi. " sebutnya. 

Kami atas nama pejabat kelurahan mengucapkan terimakasih atas kunjungan Reses yang dilakukan bapak Albert Hendra Lukman Anggota DPRD Sumbar Dapil I Koto Padang. Sebab dari  11 Kecamatan dan dari 104 kelurahan di Dapil I  Kota Padang, Kelurahan Rawang mendapatkan kehormatan dalam reses kali ini. "Mudah-mudahan apa yang telah di utarakan terkait kondisi di Jundul Rawang ini bisa diperjuangkan bapak Albert kedepannya, " pungkasnya. 

Dalam reses itu juga di dapati bahwa warga meminta agar ada perhatian dari Semen Padang pada warga Teluk Bayur yang terdampak akibat abu semen yang beroperasi di Teluk Bayur. Juga  meminta agar para buruh gudang mendapatkan jaminan hari tua, sebab mereka ada yang bekerja hingga puluhan tahun tapi belum ada jaminan hari tua mereka. 

Tidak hanya itu saja dalam reses tersebut warga juga antusias ingin mengetahui bagaimana mendapatkan bantuan berupa modal usaha, bantuan untuk pendidikan serta bedah rumah.

Anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman Dapil I Kota Padang Didampingi Christian Rudy Kurniawan Sutiono Caleg DPRD Kota Padang,Sekretaris Lurah Rawang 
Albert Hendra Lukman dalam kesempatan itu menyampaikan dalam kegiatan reses ini merupakan salah satu bentuk untuk  menjemput aspirasi ditengah masyarakat dan pada masa reses III tahun 2018 saya mengambil reses di Kelurahan Rawang ini yang juga di ikuti oleh warga dari Kelurahan Teluk Bayur. 

Saya tahu dari dulu warga Jundul Rawang ini berkuntak terus dengan yang namanya masalah banjir. Namun dalam hal ini karena untuk masalah banjir dan perbaikan drainase tersebut masuk dalam ruang lingkup pemerintah kota dan selaku wakil rakyat di tingkat Provinsi tentu hal ini akan kita koordinasikan bersama pemerintah kota dan DPRD Kota sesuai mekanisme dan aturan yang ada, "katanya. 

Kalau untuk eskapator mini yang disampaikan tadi, saya akan mengusahakan untuk membeli satu unit eskapator mini tersebut yang nanti di titipkan pada pemerintah kota sebagai aset. Jadi jika ada yang membutuhkan alat tersebut bisa didatangkan kelokasi dimana nantinya bisa dimanfaatkan bagi semua kelurahan yang  di Kota  Padang. 

Kemudian untuk masalah jaminan hari tua atau jaminan kesehatan dari para buruh diminta pucuk -pucuk pimpinan di asosiasi atau serikat buruh harus bisa menyuarakan kepemerintah. Silahkan sampai kan pada saya biar saya perjuangkan di DPRD Provinsi. Kalau belum ada membentuk kelompok serikat buruh silahkan bentuk lah kelompok serikat buruh ini sesuai aturan nya, dan ini tentunya akan kita perjuangkan.

"Begitu juga dampak abu semen yang dirasakan warga, silahkan buatkan surat  apa yang menjadi persoalannya, nanti akan kita koordinasi dengan direksi PT.Semen Padang, dimana biasanya  setiap perusahaan besar itu pasti ada yang namanya CSR,"  kata Albert Hendra Lukman Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Padang yang juga didampingi Christian Rudy Kurniawan Sutiono Caleg DPRD Kota Padang dari PDI Perjuangan Dapil IV, Padang Selatan dan Padang  Timur. 

Selain itu tambah Albert, selaku anggota dewan juga dirinya selalu mensosialisasikan program - program  dari pusat seperti bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk SD,SMP dan SMA. Juga ada bantuan bedah rumah,program bedah rumah ini merupakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementrian PU-PR. 

Kemudian ada program dari saya sendiri melalui pokur di DPRD Sumbar yakni program bantuan modal usaha bagi Wanita Rentan Sosial Ekonomi (WRSE) atau wanita rentan miskin di kota Padang. Program WRSE yang mana dibantu berupa barang untuk usaha sebesar Rp.3juta potong pajak, seperti gerobak untuk usaha buat gorengan,  kompor gas bisa juga berupa hewan ternak berupa kambing untuk di ternakkan dan lain sebagainya. 

Program bantuan ini ada yang sudah terealisasikan dan ada yang sedang berjalan. Tahap selanjutnya tentu kita akan kembali mencari warga yang tepat sasaran untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut. Hal ini agar bantuan tersebut betul betul bisa dimanfaatkan dan bermanfaat kedepan, " ujarnya. 

Selain itu kata Albert, pesta demokrasi Pileg dan Pilpres di bulan April 2019, dia berharap semua warga agar dapat meggunakan hak pilihnya dengan baik. Gunakan hak pilih kita dan saya rasa masyarakat saat ini sudah cerdas dalam menentukan pilihan. Bagaimana perkembangan pembangunan yang telah dilakukan pemerintah saat ini warga pasti dapat melihatnya, " ungkapnya (Inf). 
 
Top