Wujudkan Pelayanan di Pulau Terluar, Polsek Sikakap Siapkan Pos Sementara di Bulasat

SIKAKAP,infonusantara.net - Sebagai wujud pengabdian dalam menunaikan tugas negara  untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, Kapolsek Sikakap, AKP.Tirto Edhi bersama personel berbagi waktu melakukan dinas di daerah pulau terluar.

Seperti di ketahui wilayah hukum Polsek Sikakap sangat cukup luas meliputi Pagai Utara, Pagai Selatan dan Sikakap, sedangkan Mako Polsek berada di Kecamatan Sikakap.

Untuk mencapai tujuan lokasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di pulau terluar membutuhkan waktu lama, bahkan bisa berhari-hari, karena terhambat dengan faktor alam dan geografis baik melalui darat maupun laut.

Memaksimalkan pelayanan, di awal tahun 2021 ini, jajaran Polsek Sikakap menjajakan kaki di kecamatan Pagai Selatan untuk melihat kondisi wilayah sekaligus penetapan pos polsek sementara jelang di bangun.

Kapolsek Sikakap, AKP.Tirto Edhi, SH menjelaskan, memang cukup berat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam merespon dengan cepat setiap pengaduan masyarakat yang berada di pulau terluar.

Semua ini di sebabkan faktor alam dan geografis, karena wilayah Pagai Utara dan Pagai selatan untuk menuju hingga kelokasi menempuh jalan yang sangat jauh, sedangkan kondisi jalan belum di kategorikan memadai, apalagi menggunakan transportasi laut biaya costnya cukup besar tak sama seperti di daerah daratan lainnya.

Tak hanya itu, ketika kondisi cuaca kurang bersahabat atau hujan, personil berpikir dua kali untuk turun kelokasi, bisapun turun kelokasi menunggu waktu yang pas.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kapolsek Sikakap rancang dua program tahun ini dengan membagi waktu pelayanan di daerah pulau terluar seperti Pagai Utara dan Pagai selatan.

Melakukan kunjungan atau pelayanan, Kapolsek selalu membawa personel terutama Kanit Binmas Bripka Silvester dan para Bhabinkamtibmas, personel yang di bawa merupakan putra asli Mentawai guna membantu Polsek Sikakap dalam beradaptasi dengan masyarakat menggunakan bahasa daerah, ketika ada persoalan ditengah masyarakat dapat di selesaikan dengan adanya polisi asal Mentawai.

Pada kesempatan ini Kapolsek Sikakap sudah membuktikan berdinas di wilayah hukum Pagai Selatan dengan memanfaatkan waktu untuk bermalam dirumah masyarakat. Bahkan masyarakat Pagai Selatan terutama di Bulasat merasakan adanya Polisi di tengah masyarakat.

Memanfaatkan waktu, pihaknya melakukan kegiatan-kegiatan pembinaan di Bulasat serta kerjasama dengan Camat Pagai Selatan yang saat ini di pimpin Andar Sabelau.

Kapolsek Sikakap juga melakukan koordinasi dengan camat Pagai Selatan untuk memohon bantuan mencarikan lokasi Pos Polsek sementara yang nantinya beberapa personel akan standbay selalu di pos pelayanan tersebut.

“Adanya pos akan mudah memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak lagi ke Polsek Sikakap, karena ketika ada kejadian pengaduan atau laporan langsung berurusan dengan personil Polsek yang sudah stand by di Bulasat, sebut Kapolsek

Koordinasi yang dilakukan Kapolsek mendapat respon baik dari Camat Pagai Selatan dan Kepala Desa Bulasat Firman Saogo, Bahwa pihaknya siap memberikan Pos sementara yang lokasinya tidak jauh dari Kecamatan dan kantor desa.

Pemberian lokasi pos sementara ini, menjelang di bangunnya Mako Polsek Pagai Selatan, soal lahan tanah sudah disediakan masyarakat Bulasat serta masyarakat juga menginginkan adanya pos pelayanan di wilayah mereka.


Editor : Heri Suprianto


[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.