Selain Miliki Sungai Panjang, Destinasi Wisata Alam Batang Air Batu Limo Terdapat Ikan Larangan

PadangPanjang,infonusantara.net - Lokasi wisata alam yang satu ini sangat unik, di samping memiliki sungai yang panjang juga di dalam sungai terdapat ikan larangan yang sudah besar-besar dengan menambah keindahan alam tersebut.

Bisnis wisata alam batu limo itu semakin menjanjikan banyak potensi di kota Serambi Mekah itu, karena kota itu mempunyai pesona alam yang cantik dan berhawa sejuk yang berlokasi di kampung baru RT 05 Kelurahan silaing atas kecamatan Padang Panjang Barat kota Padang Panjang.

Dengan letak lokasi yang tampa disengaja akan sering dilewati oleh mobil yang lalu lalang di daerah kota Padang panjang, karena terletak disebuah perlintasan antara Padang, Bukittinggi.

Nasrul selaku ketua RT 05 silaing atas saat dikunjungi wartawan di lokasi wisata alam Batang Air Batu Limo pada hari Minggu 10/01/2021. kelihatan juga masyarakat setempat sedang melakukan gotong royong bersama.

Dikatakan juga oleh Nasrul, Kegiatan Goro itu kami lakukan setiap hari Minggu, kecuali kemarin sempat istirahat sejenak semasa Covid-19 dari bulan Pebruari - Juli 2020, dan dari bulan Agustus kemarin sampai sekarang rutinitas goro sudah berjalan seperti biasa lagi setiap minggunya, kecuali ada hal-hal penting kami tidak melakukan goro tersebut.

Goro yang kami lakukan itu untuk konsumsinya selalu inisiatif dari warga semua adalah Swadaya dari masyarakat setempat, imbuhnya

Nasrul juga mengatakan Batang Air Batu Limo juga objek wisata yang menarik dan cukup menjanjikan, disamping alamnya yang indah juga memiliki batang Air dengan ikan gariang yang sudah cukup besar-besar disepanjang aliran sungai, sudah hampir lebih kurang 1 tahun kami rawat, nanti kita adakan mancing mania, sebutnya.

Nasrullah Nukman, SH. selaku warga masyarakat RT 05 kampung Baru juga anggota DPRD kota Padang Panjang aktif 3 periode itu memaparkan sebagai berikut.

Sebagai warga saya sangat bersyukur dengan antusiasmenya masyarakat untuk mewujudkan tempat wisata alam lembah batu limo itu dan sekaligus Mendukung program yang telah di kembangkan oleh pemerintah dalam bentuk wisata masyarakat.

"Jadi untuk kedepannya, destinasi wisata alam batu limo itu akan di kelola oleh kelompok Sadar wisata masyakarat" ucapnya.

Nah, sebagai anggota DPRD, saya sangat mendukung dan meminta kepada masyarakat kegiatan kegiatan ini betul-betul direncanakan dengan baik dan memiliki Visi kedepan, karena masyarakat dan orang-orang yang akan berkunjung untuk berwisata pasti akan mencari lokasi yang dekat dengan alam, sebutnya.

Tak hanya itu kita akan juga menyediakan Medan bapaneh nantinya dan juga telah meminta kepada warga untuk membuat homestay, minimal warga dapat menyediakan 1 kamar di rumahnya sengaja di stand by kan bagi tamu-tamu kita yang akan menginap, atau membuat kotek-kotek kecil, imbuhnya

Kesempatan itu Lurah silaing atas Datuak Majo Labiah (Kovis Hendry M) sewaktu dikunjungi wartawan di ruang kerjanya pada hari Senin 11 Januari 2021, menyampaikan,  kegiatan yang dilakukan oleh RT 05 dan RT 06 untuk membuka Destinasi wisata adalah guna untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat nantinya.

"Marilah kita berlomba-lomba untuk mencapai sesuatu hal yang positif sehingga Visi Misi kota Padang Panjang dapat terwujud dengan baik, ajak lurah

Kemudian harus bangkit dalam inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, apa lagi di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini entah kapan akan berakhir.

Jadi untuk itu, kata dia kita tidak mungkin hanya berharap dengan bantuan dari pemerintah saja, harus ada inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sendiri, imbuhnya

Selain itu diharapkan juga agar RT yang lainnya juga ikut menciptakan inovasi-inovasi kedepan, tidak juga harus sama mungkin RT-RT yang lain di bidang UMKM dan sebagainya.

"Kita juga akan membuat kampung KB, kampung bersih dan kampung Sunnah di RT 09 dan RT 10, juga kampung wisata religi di pemekaran RT 11 nanti, harapnya. (YB).



Editor : Heri Suprianto

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.