PILIHAN REDAKSI

Tekan Inflasi, PJ Bupati Mentawai Bersama Forkopimda Galakkan Penanaman Cabe

INFO|MENTAWAI - Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian galakkan gerakan penanaman cabe sere...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Salah Satu Paslon Ragukan Hasil Penetapan Perolehan Suara, Ketua KPU Pessel Siap Buktikan Keabsahannya

 

Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar

PESSEL,infonusantara.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat menegaskan, penetapan perolehan suara pasangan calon Pilbup di Pessel sudah sesuai dengan mekanisme dan peraturan dalam perundang-undangan.

Terkait hal itu, Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar menyatakan, siap membuktikan hasil perolehan suara yang telah ditetapkan pada Pilkada 2020, dan menjamin keabsahannya sebagai hasil pemilihan yang jujur dan adil (Jurdil) yang berjalan secara demokratis, luber (langsung, umum, bebas, rahasia).

"Kami siap membuktikan keabsahan perolehan suara yang sudah ditetapkan," ungkap Epaldi Bahar kepada awak media di Painan, Sabtu (19/12/2020).

Sejauh ini, kata Epaldi terkait adanya dari Paslon yang meragukan hasil yang telah ditetapkan, dan akan menggunggat ke Mahkamah Konstitusi (MK) itu hal biasa sepanjang masih terpenuhi syarat formil dan materil serta bukti yang digugat.

"Silakan saja. Sepanjang syarat formil dan materil bisa terpenuhi, itu sah-sah saja," terangnya.

Diketahui, Paslon dari nomor urut 1 Hendrajoni-Hamdanus mengajukan permohonan gugatan ke MK terkait hasil perolehan suara yang telah ditetapkan KPU Pessel.

Pada permohonan gugatan ke MK, Paslon petahana melalui kuasa hukumnya, Ardian SH.MH, Rianda Seprasia, SH. MH dan Syamsirudin SH.MH meragukan hasil perolehan suara yang ditetapkan KPU.

Dari perhitungan pemohon atau petahana mengklaim, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah hanya meraih 128.786 suara. Sedangkan, pihaknya Hendrajoni-Hamdanus 186.401 suara. Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab 10.673 suara, dari total 325.860 suara sah.

Sedangkan KPU Pessel menetapkan, perolehan suara Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah 128.922 suara atau 57,2 persen dari total 225.216 suara sah. Pasangan calon Hendrajoni-Hamdanus 86.074 suara atau 38,24 persen dan disusul pasangan calon Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab sebesar 10.220 suara atau 4,54 persen.



Pewarta : Topit Marliandi
Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »