PKM Dosen UNP di SMPN 6 Padang Menyasar Sekolah Anti-Bullying Meningkatkan Asertivitas Siswa

Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Zulian Fikry,S.Psi.M.A, Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat(tengah) bersama Kepala SMPN6Padang Ratnawati (kanan/pakai masker) dan para guru.

INFONUSANTARA.NET -- Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan kegiatan dengan mengusung tema PKM "Sekolah tanpa bullying membudayakan asertifitas (Stand By Me) untuk menciptakan Lingkungan Sekolah Anti Bullying di SMPN 6 Padang".

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 9 hingga 10 November 2020 berbentuk pelatihan bagi para guru SMPN 6 Padang guna menciptakan kualitas guru dalam proses pembelajaran terhadap murid dan lingkungan sekolah.

Tujuan utama yang dimaksud dari "Sekolah tanpa bullying adalah menciptakan sekolah yang bebas dari perilaku siswa yang melakukan kekerasan terhadap sesama siswa lainnya. 

Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Zulian Fikry,S.Psi.M.A, Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat di kegiatan "Sekolah tanpa bullying membudayakan asertifitas (Stand By Me) ini menyampaikan pada kegiatan ini diberikan pemaparan materi tentang Bullying dan Asertivitas, diberikan psikoedukasi pemaparan materi bullying yang bertujuan untuk mengenalkan bentuk dan dampak bullying tersebut. 

Secara tidak langsung kegiatan ini dalam rangka menciptakan pendidikan berkarakter terhadap siswa. 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang kami lakukan di SMPN 6 Padang menyasar perubahan terhadap perilaku siswa menjadi prilaku yang positif baik dilingkungan sekolah maupun ditengah masyarakat. 

"Jadi dalam kegiatan ini , kami mengedukasi para guru agar mampu menerapkan sikap dan perilaku yang baik terhadap siswanya,"ungkap Zulian.

Tim kegiatan ini beranggotakan Ketua Pengabdi dan salah satu dosen jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Gumi Langerya Rizal, S.Psi, M.Psi, Psikolog yang berlatarbelakang keprofesian Psikologi. 

"Dengan adanya kegiatan yang diberikan oleh Dosen yang berkompeten dalam bidang Psikologi ini maka lebih menjamin tercapainya tujuan dari kegiatan ini dalam menciptakan generasi muda yang memiliki wawasan dan perilaku anti-bullying dan mampu melindungi diri dan sebayanya dari dampak negatif perilaku bullying," pungkasnya.

Tim pengabdian kepada masyarakat "Sekolah tanpa bullying membudayakan asertifitas (Stand By Me) juga menghibahkan sejumlah media sosialisasi kepada sekolah yang berisi informasi dan ajakan bagi siswa untuk sadar akan perilaku bullying dan asertivitas di lingkungan demi tercapainya hasil yang berkesinambungan dari kegiatan ini.(Inf).

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.