Bappeda Mentawai Gelar Desiminasi Perencanaan Bagi Aparatur Perencana


PADANG,infonusantara.net - Meningkatkan kompetensi Aparatur dalam merancang program kegiatan sangat perlu di berikan pelatihan, sehingga perencanaan yang akan dibuat maksimal dan tepat sasaran.

Dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mentawai melaksanakan Desiminasi Perencanaan pelatihan aparatur perencana di lingkungan pemkab Mentawai, menghadirkan dua narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu dari Universitas Andalas Padang dan Universitas Negeri Padang.

"Pelatihan ini kita laksanakan selama dua hari mulai 17-18 November 2020 di Hotel Bumiminang. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan SDM aparatur perencana" ucap Kepala Bappeda Mentawai, Naslindo Sirait, Selasa (17/11/2020).

Dia menyebut peningkatan kapasitas bagi aparatur khusus perencana sangat perlu dilakukan, karena seorang perencana itu merupakan salah satu subsistem dari manajemen pemerintahan bagian hulu.

"Nah, apabila kita bisa merencanakan dan menganalisa data yang baik, maka kita bisa membuat strategi pembangunan yang lebih efektif" sebut Naslindo 

Dalam membuat perencanaan, kata dia tidak hanya cukup menganalisa data, akan tetapi seluruh kepala sub bagian program di masing-masing OPD harus dibekali ilmu pengetahuan soal perencanaan yang sesuai dengan karakteristik suatu daerah, tuturnya.

Aparatur perencana harus dibekali ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan secara teknikal, maka kompetensi itu harus dikuasai dengan baik dan di implementasikan dalam menyusun dokumen perencanaan sektoral maupun regional, inilah yang kita lakukan sekarang" kata Naslindo.

Pembekalan yang diberikan kepada aparatur perencana ini, Naslindo berharap mampu mengukur daya saing, proyeksi pertumbuhan ekonomi dan investasi, sehingga program pembangunan Nasional dimentawai lebih terarah sesuai potensi daerah.

"Melalui kegiatan ini, kita bisa mengukur daya saing, proyeksi pertumbuhan ekonomi, Investasi serta melihat basis pertumbuhan kita, sehingga kebijakan yang di ambil sesuai dengan karakteristik Daerah" tukasnya.




Editor : Heri Suprianto


[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.