Terduga pelaku pembakar pos polisi dalam kerusuhan aksi menolak UU Ciptaker berdasarkan versi video @rezzafahlevy07. (Foto: Sreenshot/Dekan)

Infonusantara.net -- Sebuah video yang menggambarkan detik-detik sebuah pos polisi di Jakarta dibakar, beredar di media sosial, karena diposting netizen pemilik akun @rezzafahlevy07.

Sejak video berdurasi 29 detik itu diposting pada Kamis (8/10/2020) pukul 23:58 WIB, hingga Jumat (9/10/2020) pukul 06:50 WIB, postingan @rezzafahlevy07 itu telah diretweet 1.159 kali, disukai 2.175 warganet dan dikomentari 93 netizen. 

"Bukan dari kalangan mahasiswa dan buruh yang rusuh... Ini pelakunya #MahasiswaAtauPerusuh," kata Rezza untuk menyertai postingannya itu. 

Dalam video tersebut terlihat ada tiga pria yang seperti sedang mengecek bagian dalam pos polisi, setelah itu ketiganya menjauh dan salah seorang dari mereka melemparkan api ke pos polisi itu, sehingga pos polisi terbakar. 

Adegan ini diambil dari jarak yang cukup jauh, sehingga sosok ketiga orang itu tak terlihat jelas, namun kemudian video yang sejak awal durasi telah memunculkan teks "Wanted" berwarna merah yang berkedip-kedip dan tulisan "Pelaku Pembakaran Pos Polisi" di bawahnya yang juga berwarna merah itu memunculkan sosok pria tinggi tegap berkostum jaket hitam tanpa lengan dan bercelana hitam, serta mengenakan masker anti gas air mata. 

Seperti diketahui, dalam aksi tolak UU Omnibus Cipta Kerja (Ciptaker) yang berlangsung Kamis (8/10/2020), massa mahasiswa dan buruh gagal melakukan aksi di depan Istana Negara karena akses menuju kantor Presiden Jokowi yang berada di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, itu diblokade kepolisian. 

Pemblokadean itu berbuntut bentrokan antara polisi dan massa, yang berlanjut dengan kerusuhan. 

Dalam kejadian ini setidaknya ada tiga pos polisi yang dibakar, namun belum jelas pos polisi yang dibakar oleh tiga pelaku sebagaimana tergambar dalam video yang diposting @rezzafahlevy07 itu pos polisi yang mana, karena dalam kejadian kemarin, pos polisi yang dibakar berlokasi di Harmoni, Tugu Tani dan di Jalan Medan Merdeka Barat dekat patung kuda.

Sumber: (dekannews.com)

 
Top