Dokumen:Puan
Ketua DPR Puan Maharani mengenakan batik. Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada Jumat (2/10/2020), Puan menegaskan bahwa batik adalah kekayaan Indonesia yang harus terus dibanggakan.


Infonusantara -- Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku bangga mengenakan batik dalam berbagai kegiatan. Menurut Puan, batik adalah kekayaan Bangsa Indonesia yang harus terus dilestarikan.

" Batik harus dilestarikan. Kekayaan bangsa yang harus kita banggakan," kata Puan, melalui pernyataan tertulis, Jumat (2/10/2020) dilansir dari Kompas.com

Hal tersebut disampaikan Puan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh tepat hari ini.

Puan sendiri selama ini kerap mengenakan batik saat beraktivitas dalam berbagai agenda kenegaraan, bahkan dalam acara-acara internasional.

Misalnya, saat mewakili Indonesia pada acara festival kebudayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia - Kamboja, di Peace Palace, Pnomh Penh, Puan Maharani tampil mengenakan motif batik parang kontemporer.

"Batik mengandung ekspresi kebudayaan masyarakat Indonesia yang sangat kuat," ujar mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini.

Pada 2 Oktober 2009 atau 11 tahun yang lalu, batik ditetapkan sebagai daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO atau Warisan Budaya Takbenda (WBTb) pada sidang UNESCO di Abu Dhabi.

Penetapan itu merupakan yang ketiga kalinya bagi Indonesia setelah keris dan wayang yang terlebih dahulu masuk daftar ICH UNESCO.

Sejak penetapan tersebut, maka Indonesia pun memperingati 2 Oktober sebagai hari batik nasional.

 
Top