Gus Nadir: Tidak Ada itu Karikatur Nabi, Memangnya Tahu Wajah Nabi Seperti Apa?

 

Gus Nasir.(ist)
INFONUSANTARA.NET -- Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Nadirsyah Hosen angkat bicara terkait kontroversi karikatur Nabi Muhammad SAW. Gus Nadir, demikian sapaan karibnya mengajak umat muslim di tanah air untuk berpikir jernih dan tidak mudah terprovokasi menanggapi persoalan tersebut.

Dosen hukum di Monash University Australia itu menjelaskan bahwa tidak seorang pun manusia di muka bumi ini yang mengetahui wajah Rasulullah SAW. Sehingga karikatur tersebut jelas tidak ada.

“Tidak ada itu karikatur Nabi. Memangnya tahu wajah Nabi seperti apa? Terus orang lain bikin karikatur dan diklaim itu karikatur Nabi, kalian percaya?” cuit akun twitter @na_dirs milik Nadirsyah Hosen, dikutip Jumat (30/10/2020).

Kecaman demi kecaman pun muncul dengan pendapatnya masing-masing. Gus Nadir kemudian bertanya ke warganet apakah mereka tahu wajah Nabi sebenarnya.

“Lantas marah-marah? Penghinaan? Sekali lagi, emangnya yang bikin karikatur dan kalian pada tahu wajah Nabi seperti apa? Mbok ya mikirrr,” tegasnya,dilansir dari Fajar.co.id.

Tak butuh waktu lama, celotehan Gus Nadir tersebut diserbu dengan beragam reaksi dari netizen. Hingga berita ini dirilis, setidaknya lebih dari 1.700 warga Twitter mengomentari cuitan tersebut.

Misalnya saja pemilik akun @Dimzherdiman1 yang turut mengomentari cuitan Gus Nadir. Ia mengatakan orang yang menggambar karikatur tersebut jelas-jelas menyebut karikatur tersebut adalah Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut sehingga menuai kecaman umat Islam dunia.

“Kalau orang yang gambar itu tanpa menyebutkan siapa yang digambarkan itu tidak jadi masalah. Karena dia menyebutkan bahwa yang digambarkan itu Rasulullah makanya jadi masalah. mBok yaa sampeyan mikirrr…” kata dia.

Gus Nadir pun lekas menjawabnya. “Kan tinggal bilang: ‘Bro, itu bukan gambar Nabi kami. Gak ada yang tahu wajah Nabi kami. Mau ente klaim 1000 kali tetap itu bukan gambar Nabi kami. Bye,” jawabnya lugas.

“Dengan logika yg sama:Kalo ada orang gambar kepalanya @na_dirs terus isi kepalanya yg semestinya organ otak diganti tahi, jangan marah. Jangan anggap penghinaan. Emangnya @na_dirs pernah lihat otaknya?” sindir followersnya yang lain.

Gus Nadir pun menjawab begini. “Semua orang tahu gambar otak dan gambar tai itu seperti apa tanpa harus melihatnya. Ada yang tahu gambar Nabi Muhammad seperti apa? Terus anda kok bisa percaya yang orang klaim bahwa itu karikatur Nabi? Ayo mikir lagi” jawabnya santai.

Sebelumnya, Presiden Perancis, Emmanuel Macron menuai kecaman luas di kalangan umat Islam menyusul pernyatannya soal pembunuhan terhadap guru di Perancis yang menampilkan karikatur Nabi Muhammad SAW sebagai bahan ajar untuk murid.

Macron tak mau mengecam soal karikatur Nabi Muhammad yang ditampilkan media satire Charlie Hebdo. Selain itu, tokoh kelahiran 21 December 1977 itu juga menyebut Islam sebagai agama yang sedang mengalami krisis.


[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.