Acara Ngopi Basamo Menko, Kamis (17/9/2020).Menkopolhukam Mahfud Md (kanan) didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (kiri)
Infonusantara.net--Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud Md menegaskan peran orang Minang sangat nyata dalam pembentukan bangsa Indonesia menjadi negara merdeka dan mengisi kemerdekaan itu sendiri.

Bahkan, dalam naskah pembukaan UUD 1945, peran orang Minang sangat nyata. Harus diakui, bahasa yang digunakan sangat elok dan menawan, padahal belum ada penelitian bahasa Indonesia secara ilmiah.

Lebih lanjut dia mengakatakan, dalam beberapa kali kesempatan, sebelum berpidato, Bung Karno kerap meminta pendapat Muhammad Natsir terkait pidato yang akan disampaikannya.

"Natsir pun mengoreksi apa yang akan disampaikan Bung Karno dalam pidatonya," sebut Mahfud.

Jadi jangan pertentangkan Pancasila dan orang Padang, keluarga Bung Karno dan orang Padang," ujar Mahfud Md ketika menjawab pertanyaan Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus dalam acara Ngopi Basamo Menko, Kamis (17/9/2020).

Tak hanya itu, Mahfud pun menjelaskan terkait isu sertifikasi ulama yang menjadi ketakutan sebagian pihak.

"Itu bukan pemerintah, tapi Majelis Ulama. Saya tahu betul itu, karena saya yang membuka, program dai bersertifikat," pungkasnya. (Inf/by)

INFO NUSANTARA PERSADA

 
Top