Ilustrasi (ist)

Infonusantara.net -- Salah satu obat yang umum digunakan oleh orang Indonesia yakni minyak kayu putih.

Minyak kayu putih memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti mengatasi masuk angin, perut kembung, pusing mual atau bisa juga sekadar dihirup sebagai aroma therapy.

Namun, di tengah masa pandemi saat ini, ternyata ada sebagian orang yang meyakini bahwa minyak kayu putih dapat membantu terhindar dari Covid-19.

Caranya dengan mengoleskan minyak kayu putih ke masker langsung atau kertas tisu yang diletakkan di masker.

Lebih ekstrim lagi, bahkan ada segelintir orang yang meminum minyak kayu putih dengan dilarutkan pada air hangat.

Namun apakah cara tersebut aman? Adakah dampaknya bagi tubuh?

Melansir dari laporan berjudul 'Eucalyptus Poisoning Oil' , pemakaian minyak kayu putih sudah lazim dilakukan sejumlah orang untuk meringankan gejala penyakit umum.

Jika pertanyaannya apakah aman jika meminum minyak kayu putih, maka peneliti akan menjawab itu berbahaya.

"Toksisitas ekstrim setelah mengonsumsi minyak kayu putih telah dilaporan dengan baik, tetapi kesadaran publik umumnya kurang," seperti yang dikutip dari laporan penelitan tersebut.

Ada beberapa indikasi yang muncul ketika Anda meminum minyak kayu putih. Bahkan dikatakan dalam laporan tersebut, gejala toksiknya bisa muncul segera, misalnya sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan, sakit perut, dan muntah mendadak.

Lalu, efek lain yang muncul setelah mengonsumsi minyak kayu putih adalah terjadi rangsangan di sistem saraf pusat (SSP).

Hal tersebut ditandai dengan pusing, ataksia, dan disorientasi yang diikuti kehilangan kesadaran yang biasanya terjadi setelah 10-15 menit usai Anda mengonsumsi minyak kayu putih.

Pada anak-anak, reaksi yang terjadi bahkan bisa kejang-kejang namun jarang terjadi pada orang dewasa

Dijelaskan pula risiko kematian di depan mata bagi orang dewasa yang berani mengonsumsi minyak kayu putih sebanyak 30 ml.

Sebagaimana diberitakan Jurnal Presisi pada artikel "Bukan Cegah Corona, Ternyata Ini Dampak Bagi Tubuh Jika Meminum Minyak Kayu Putih", laporan ini pun mencatat, dari 109 anak yang mengonsumsi minyak kayu putih, 59 persen di antara mereka mengeluarkan gejala buruk di atas.

Kemudian tercatat anak yang mengalami kondisi keracunan minor seperti ataksia, muntah, dan nyeri perut (30 persen), alami keracunan sedang (25 persen), dan keracunan mayor hingga koma (4 persen).

"Depresi kesadaran yang signifikan harus diantisipasi setelah konsumsi 5 ml dan depresi kesadaran ringan dapat terjadi bahkan hanya mengonsumsi 2-3 ml," jelas peneliti dalam laporan tersebut.

Dijelaskan juga di sana bahwa saat minyak kayu putih pasaran tertelan, minyak itu akan terdistribusi ke seluruh tubuh dan upaya eliminasi dengan menggunakan arang aktif tidak mungkin membantu secara signifikan.

Artinya ini menjadi catatan penting bahwa minyak kayu putih dilarang dikonsumsi.
Source:Portal Jember

 
Top