PILIHAN REDAKSI

Dua Pelaku Kawanan Pencurian Berhasil Diringkus Polres Payakumbuh di Lokasi Berbeda

INFO|Payakumbuh - Tim "Gedor" Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil menangkap dua pelaku tindak pidana pencurian yang terjadi pa...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

HUT PMI ke-75"Solidaritas untuk Kemanusiaan"PMI Kota Padang Rayakan Bersama Relawan

HUT PMI ke-75 PMI Kota Padang Rayakan Bersama Relawan
INFONUSANTARA.NET
Palang Merah Indonesia (PMI) telah melakukan fungsi dan tugasnya secara optimal dalam membantu masyarakat, mulai dari pencegahan, edukasi, sampai pada penanganan pasien COVID-19.

Diketahui sejak akhir Maret 2020 Indonesia dihadapkan pada situasi pandemi COVID-19 yang telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat, terutama sosial dan ekonomi.

Mengingat krisis kesehatan ini berdampak secara luas kepada sosial dan ekonomi, diperkirakan krisis ini masih akan berlangsung relatif panjang, maka PMI  mengajak masyarakat bersinergi menciptakan solidaritas untuk pelayanan kemanusiaan, baik di persoalan COVID-19 maupun di situasi krisis atau bencana lainnya.

Oleh karena itu penting bagi PMI dalam peringatan HUT PMI ke-75 yang diperingati setiap tanggal 17 September ini meluncurkan Tahun Solidaritas untuk Kemanusiaan. Sesuai dengan tema besar peringatan HUT PMI ke-75 'Solidaritas untuk Kemanusiaan'.

Diharapkan seluruh komponen bangsa dan pemangku kepentingan seperti pemerintah, korporasi, lembaga sosial, dan masyarakat, dan mitra Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dapat bersama-sama bergandengan tangan mengatasi berbagai persoalan kemanusiaan.  

Kegiatan dengan tema 'Solidaritas untuk Kemanusiaan' ini bertujuan meningkatkan solidaritas antara semua unsur komponen bangsa untuk mendukung pelayanan kemanusiaan yang optimal, serta memperkuat peran PMI dan seluruh jejaring organisasi dari Pusat hingga Ranting, khususnya di tengah kendala pandemi COVID-19. 

Ruang lingkup kegiatan peringatan HUT PMI ke-75 tahun ini dimeriahkan dengan 2 kegiatan yang akan dilakukan secara daring,yaitu:

A. Puncak Peringatan adalah Peresmian Politeknik Akbara Surakarta dan Pidato Kemanusiaan oleh Ketua Umum Jusuf Kalla.

Kegiatan ini akan diikuti oleh 1.000 markas PMI di seluruh Indonesia dan dilakukan dengan menggunakan saluran zoom meeting serta live streaming melalui Youtube Palang Merah Indonesia (PMI) 


B. Kampanye Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun secara nasional.  

Sebuah kampanye yang memadukan edukasi dan entertainment (edutainment), yaitu mengajak masyarakat luas untuk rajin melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun melalui pesan yang direalisasikan dalam bentuk musik (jingle) – penjelasan lengkap terlampir dalam kerangka acuan terpisah

PMI Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan juga dapat melakukan kegiatan peringatan HUT PMI lainnya dengan menyesuaikan pada kapasitas masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan tanpa melibatkan kerumunan atau keramaian secara langsung.  

Pada kegiatan ini, PMI Kota Padang bersama Relawan melakukan beberapa kegiatan, selain mengikuti Daring/Zoom meeting HUT PMI ke-75 bersama PMI se Indonesia, PMI Kota Padang juga melakukan kegiatan pembagian Masker gratis bagi masyarakat yang berlokasi di Pasar Raya Padang. 

Sekretaris PMI Kota Padang Hamdani, SHI, MA mengatakan, bahwa dalam rangka HUT PMI ke-75 ini tentu harus mensyukuri terhadap eksistensi PMI yang telah melakukan pengabdian di Kota Padang,  harusnya dengan usia ke 75 keberadaan PMI lebih diketahui masyarakat.

"Tapi di sayangkan pemahamaman masyarakat masih dangkal dan menganggap PMI hanya sekedar donor darah saja, padahal tugas pokok PMI adalah membantu korban manusia yang diakibatkan oleh bencana alam, ulah perbuatan tangan manusia, maupun berkiprah mengatasi pandemi termasuk covid-19," kata Dani yang juga menjabat sebagai Kepala KUA Luki ini, Kamis (17/9/2020).

"Kita juga mengajak masyakarat untuk dapat menerima keberadaan PMI dan mau bergabung dengan PMI Kota Padang melalui kegiatan tanggap bencana, kesiapan siagaan bencana, promosi  kesehatan masyarakat,dan donor darah," tambah Dani.

Terkait pandemi Covid-19 yang belum reda, Hamdani menghimbau kepada masyarakat bahwa Covid memang ada dan jangan dibangun image bahwa Covid adakah akal- akalan atau konspirasi, sehingga kita menjadi  lengah dan abai dengan risiko dari Covid-19 itu sendiri.

"Selalu menerapkan protokol Covid-19 dalam kehidupan sehari, menjaga kebersihan, cuci tangan pakai masker dan kurangi aktifitas diluar yang tidak penting termasuk menjaga kesegaran tubuh," pungkas Dani. 
Wakil Ketua PMI Kota Padang
Zaiful Zakaria,SH
Potong kue perayaan HUT PMI ke-75
Wakil Ketua PMI Kota Padang, Zaiful Zakaria, SH menyampaikan, bahwa PMI Kota Padang tetap mendukung dan fokus membantu Pemko Padang dalam mengatasi Pendemi Covid-19. 

"Kami menghimbau kepada segenap relawan PMI, untuk tetap kompak dan menjaga kesehatan, agar tugas kemanusiaan bisa kita laksanakan dengan optimal," harap Zaiful. (DT)

INFO NUSANTARA PERSADA
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »