Ketua Komisi I DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti,SE.Akt.
INFONUSANTARA.NET
PADANG - Perayaan HUT RI biasanya dimeriahkan oleh aneka lomba Agustus yang diselenggarakan warga. Dari mulai balap karung hingga panjat pinang bahkan hiburan organ tunggal hingga semalam suntuk.

Tapi tahun ini, HUT RI ke-75 berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Dikhawatirkan, aneka lomba tersebut bisa menjadi klaster penyebaran Covid-19 baru. Pasalnya dalam sepekan terakhir ini, angka harian kasus positif Covid-19 di Kota Padang semakin menggila. 

Kota Padang s/d 15-Aug-2020 : Positif 863, Kematian 28, Sembuh 618, PDP 0, ODP 378, PPT 7645.
Data dari Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal yang setiap hari dirilis, rincian penderita Covid-19 di Kota Padang dalam dua pekan ini yaitu sebagai berikut:. Sabtu (1/8) 24 orang, Minggu (2/8) 7 orang, Senin (3/8) 12 orang, Selasa (4/8) 7 orang, Rabu (5/8) 11 orang, Kamis (6/8) 11 orang, Jumat (7/8) 36 orang, Sabtu (8/8) 17 orang, Minggu (9/7) 11 orang dan Senin (10/8) 15 orang, Selasa(11 /8) 5 orang, (12/8) 21 orang,(13/8) 7 orang, (14/8) 19 orang, (15/8) 24 orang.
Menyikapi hal tersebut,
Ketua Komisi I DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti termasuk yang menyarankan, agar aneka lomba dan kemeriahan yang biasanya digelar dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI  ditiadakan pada tahun ini.

Menurut Elly Thrisyanti, syukuran saja di lingkungan masing-masing. Berdoa untuk kebaikan Kota Padang dan bangsa ini supaya segera terlepas dari pandemi Covid-19. Sementara ini, jangan ada aneka lomba dulu, tolong sama - sama bersabar dahulu. 

"Larang saja semuanya. Jangan lomba ini boleh, tapi lomba lain dilarang.  Kecuali, lomba lewat online. Hadiahnya dikirim ke rumah masing-masing," saran mantan Ketua DPRD Kota Padang ini.

Untuk itu, Elly menilai, perlu sosialisasi masif dari petugas seperti Satpol PP, RT, RW, dan Kelurahan. "Kalau perlu, ada aturan larangan berikut sanksi kepada lingkungan yang bandel nekat  melangsungkan acara yang menimbulkan kerumunan. Apapun izin keramaian yang di minta masyarakat baik pada RT,RW,Lurah, Polsek setempat ,untuk tidak di berikan,'' tegasnya. 

Harus sama - sama kita ketahui bahwa dari Pusat sendiri melalui Menteri Sekretaris Negara dan sudah tentunya berlaku untuk seluruh Indonesia. Dan ditindak lanjuti oleh Pemko Padang dengan mengeluarkan pelarangan kegiatan lomba tersebut yang tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Padang Nomor : 200/463/Kesbangpol/2020 tentang partisipasi menyemarakan HUT ke-75 RI.

Surat Edaran Wali Kota Padang tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-457/M. Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020 tanggal 23 Juni 2020.

Surat Edaran Mensesneg itu perihal partisipasi menyemarakan peringatan HUT ke-75 RI. "Larangan mengadakan kegiatan lomba dalam arti kata untuk mendatangkan orang banyak. Selain melarang mengadakan lomba, dalam surat edaran tersebut juga melarang masyarakat mengadakan pentas musik organ tunggal. Masyarakat diimbau untuk menjauhi kerumunan, tetap jaga jarak, dan cuci tangan, " ungkapnya. 

Selain itu Ketua Komis I DPRD Kota Padang ini mengajak segala elemen untuk berkomitmen melawan musuh yang tak kasat mata, namun nyata keganasannya si Covid-19."Kami mengajak kita semua pemangku kepentingan daerah, dunia usaha, tokoh dan masyarakat Kota Padang ,Sumatera Barat untuk menguatkan komitmen bernegara dalam menghadapi Covid-19 ini," imbaunya.

Disamping itu Elly Thrisyanti mengatakan, dengan semangat kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI, pemerintah dan warga Kota Padang, Sumbar umumnya, harus menguatkan tekat untuk menang melawan Covid-19 ini. Negara kita tidak boleh kembali pada masa-masa sulit yang dialami sebelum kemerdekaan. Akibat pandemi Covid-19 ini perekonomian, pembangunan, pendidikan, kesehatan, ibadah, dan seluruh lini sektor mengalami krisis. 

Maka dari itu dikatakan Elly, disiplin yang tinggi, mematuhi protokol kesehatan, saling bantu dan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat agar dapat mematuhi aturan dan surat ederan yang telah dikeluarkan pemerintah tersebut dan ini adalah kunci melawan pandemi Covid-19 ini.

"Tolong sekali lagi, kami harapkan pada seluruh elemen masyarakat. Ini adalah demi kebaikan kita semuanya. Mari wanti - wanti kita semuanya , jadikan HUT RI kali ini sebagai momentum melawan pandemi Covid-19 untuk kembali meraih kehidupan yang normal.Melangkah lebih cepat untuk kembali membangun dari krisis yang sedang kita alami saat ini, " pungkas Elly Thrisyanti, Srikandi dari Fraksi Partai Gerindra Kota Padang ini.(Inf)

INFO NUSANTARA PERSADA

 
Top