PILIHAN REDAKSI

Pj Bupati Mentawai Bersama Forkopimda Cek Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok di Sejumlah Toko

INFO|MENTAWAI -  Pastikan ketersediaan bahan pokok jelang hari raya idul fitri, jajaran Pemkab Mentawai bersama unsur Forkopimda melakukan ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Ini Agenda Mandagri Tito Karnavian di Sumbar Hari Ini


Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (ist)
INFONUSANTARA.NET
PADANG - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Vidcon bersama Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik terkait rencananya Mendagri RI Tito Karnavian berkunjung ke Provinsi Sumbar, di ruang kerjanya, Senin, 24 Agustus 2020 pagi.

Mendagri RI direncanakan melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Sumbar dalam rangka dalam rangka memberikan arahan tentang: (1) Pelaksanaan Pilkada; (2) Penanganan Covid-19; dan (3) Lounching  Gerakan Sejuta Masker. Kunjungan kerja Mendagri akan berlangsung selama 2 (dua) hari, tanggal 25-26 Agustus 2020.

Menurut gubernur, rencana agenda Mendagri ke Sumbar, kedatangannya diperkirakan pukul 13.00 WIB, Selasa 25 Agustus langsung mengadakan kegiatan lounching Gebrakan Sejuta Masker bersama Tim PKK secara virtual di kabupaten kota se Sumbar.

Kemudian dilanjutkan dengan bakti sosial pemeriksaan Swab gratis dan pembagian sembako pada masyarakat.

"Berkenaan dengan kunjungan beliau, makanya kita sudah melakukan semua persiapan-persiapan untuk menerima kunjungan beliau, termasuk rencananya untuk memberikan arahan tentang pelaksanaan Pilkada serentak di Sumbar," kata gubernur Irwan Prayitno.

Terkait pelaksanaan Rakor dengan pemrov dan Kabupaten Kota se Sumbar akan dilaksanakan malam harinya di Hotel Grand Inna Muara Padang yang harus sesuai dengan protokol kesehatan.

Usai Rakor tersebut Mendagri akan berdiskusi panjang dengan gubernur Sumbar, mengenai penanganan Covid-19 di Sumbar.

Gubernur Sumbar menjelaskan secara mendetil atau rinci mengenai rundown kegiatan kunjungan kerja Mendagri di Sumbar, mulai dari rencana kedatangan Mendagri, rombongan pendamping, jadwal kegiatan Mendagri selama di Padang, susunan acara Rakor Pilkada dan penanganan Covid-19, hingga jadwal kepulangan.

"Mengenai Gerakan Sejuta Masker, kita sudah mempersiapkan masker diperkirakan lebih dari 3juta masker, ini akan bertambah dengan bantuan dari kabupaten kota," ucap Irwan.

"Kita tahu betul, masih banyak masyarakat kita belum disiplin menggunakan masker. Untuk itu kita hangatkan kembali, kita panaskan lagi, kita komporkan lagi, kita semangatkan lagi masyarakat Sumbar menggunakan masker. Yang terpenting komitmen masyarakat menggunakan masker," imbuhnya.

Selanjutnya Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik menyampaikan, Mendagri RI Tito Karnavian sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno semua kebijakan dalam mengatasi penanganan Covid-19 di Sumbar.

Sebagai salah satu daerah dari lima provinsi yang berhasil cepat kendalikan penanganan Covid-19.

"Bagaimana upaya melakukan testing, tracing, isolation dan treatment ini berjalan baik yang membuat Sumbar bisa melakukan penanganan penyebaran Covid-19 di Sumbar," ungkap Akmal Malik.

Dikatanya, gubernur juga bergerak cepat dengan tes swab gratis diberbagai tempat, termasuk di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) bagi setiap orang datang ke Sumbar.

Selain itu Akmal Malik mengungkapkan kedatangan Mendagri itu melakukan kampanye sejuta pengguna masker.

Dengan bekerjasama Tim Penggerak PKK juga diharapkan bisa menyukseskan pelaksanaan kampanye penggunaan masker.

Gerakan Sejuta Masker ini juga akan dilakukan di Indonesia. Gebrak Masker dan sosialisasi menggunakan masker yang benar sebagai salah disatu dari protokol kesehatan secara masif gerak cepat terus dikampanyekan dan disosialisasikan ke jajaran pemerintah daerah.

"Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap pemerintah daerah yang memiliki gagasan dan program gerakan melawan Covid-19," sebutnya.

Dalam vidcon tersebut hadir mendampingi gubernur, Asisten III Nasir Ahmad yang juga menjabat sebagai Plh Sekda, Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman dan diikuti oleh Bupati Walikota, Forkopimda, Kepala KPU, Bawaslu dan kepala OPD terkait se Sumbar.(*)

INFO NUSANTARA PERSADA
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »