Irwan Basir Dt Rajo Alam (baju orange) ikut membantu Goro bersama warga Pasa Lalang
Infonusantara.net
PADANG -- Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM), Irwan Basir Dt. Rajo Alam, mengapresiasi kegiatan gotong-royong (goro) warga Pasa Lalang Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Pasalnya, kegiatan goro tersebut merupakan warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang perlu dipertahankan sampai kapan pun.

"Karena dalam bergoro itu banyak terkandung nilai-nilai kearifan lokal bagaimana kita hidup bersosial masyarakat. Oleh sebab itu, mari kita bekerjasama bukan sama-sama bekerja," ungkapnya usai menghadiri kegiatan goro warga mengecor lantai masjid di daerah setempat, Minggu (26/7/2020).

Menurutnya, dalam beberapa dasawarsa ini, budaya goro di tengah-tengah masyarakat sepertinya sudah memulai memudar. Penyebabnya, pengaruh negatif globalisasi yang lebih menonjolkan kepentingan individual.

"Padahal kita tahu, dengan bergoro ini pekerjaan seberat apa pun bisa menjadi ringan kalau kita kerjakan bersama-sama tanpa pamrih. Ini patut kita syukuri," ucap Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji itu mengingatkan.

Untuk itu, ia berharap kepada tokoh-tokoh masyarakat, alim ulama, cerdik-pandai dan unsur pemerintahan hendaknya bisa bersinergi dalam mempertahankan budaya leluhur tersebut dan mewariskannya kepada generasi sekarang dan yang akan datang.

"Kalau sudah tertanam nilai-nilai sosial itu kepada anak-anak kita sejak kecil, Insya Allah sampai dia dewasa pasti tak akan pernah lupa dan akan selalu mengabdi untuk orang banyak," tukas Irwan Basir menambahkan.

Irwan Basir Dt Rajo Alam bersama Camat Kuranji Eka Putra Buhari dan masyarakat setempat

Hal senada juga disampaikan Camat Kuranji, Eka Putra Buhari yang turut hadir bersama Lurah Kuranji, Kasma Efendi Garda pada kesempatan tersebut.

Diakuinya, dari sekian banyak kampung dan kelurahan di Kecamatan Kuranji, Kampung Pasa Lalang Kelurahan Kuranji lah yang pertama dikunjunginya sejak dilantik jadi Camat Kuranji akhir Desember 2019 lalu.

"Jadi Kampung Pasa Lalang ini sudah tidak asing lagi bagi saya. Terus-terang saya kagum melihat semangat goro masyarakat di Kecamatan Kuranji ini pada umumnya," puji camat.

Soalnya, hampir setiap minggu, setiap warga yang ada di sembilan kelurahan selalu bergoro membersihkan lingkungannya masing-masing.

"Khusus di Pasa Lalang ini, tidak hanya dalam kondisi normal saja mereka bergoro. Dalam situasi darurat ketika masa-masa sulit covid-19 lalu, warga di sini tetap kompak saling membantu. Sehingga yang awalnya ada warga positif bisa berubah menjadi negatif karena terus diberikan dukungan moril oleh warga lainnya," beber camat dengan nada puas.

Sebagai bentuk kepeduliannya, baik Dt. Irwan Basir maupun Camat Kuranji sama-sama memberikan sumbangan untuk membantu pembangunan Masjid Nurul Yaqin Pasa Lalang tersebut.

Irwan Basir Dt. Rajo Alam memberikan bantuan 20 zak semen, sedangkan Camat Kuranji, Eka Putra Buhari memberikan sumbangan Rp500 ribu dari kocek pribadinya masing-masing.


Setelah makan bersama warga, Irwan Basir dan Camat Kuranji beserta rombongan juga meninjau kegiatan budi daya ikan kolam oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Ammico Jaya, masih wilayah Pasa Lalang tersebut. (noa)

INFO NUSANTARA PERSADA
 
Top