detikcom. Foto :Suasana umrah (Dok Ketua Dewan Pembina Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah Fuad Hasan) 

Infonusantara.net - Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menunda visa kunjungan umrah ke negaranya untuk mencegah penyebaran virus corona. Suasana ibadah umrah di Arab Saudi masih normal.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Dewan Pembina Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah Fuad Hasan Masyhur seperti dilansir dari detikcom, Kamis (27/2/2020).

"Suasana umrah di Madinah, kebetulan saya lagi di sini. Suasana tetap padat, ibadah normal. Bisa dibilang Madinah lebih banyak masyarakat Indonesianya. 70-80% orang Indonesia," ujar Fuad.

Dikatakan Fuad, dirinya kaget begitu mendengar kabar tersebut. Dia mengaku mendengar kabar itu pada pukul 00.00 waktu Madinah.

"Saya juga kaget mendengar ini. Tapi kenyataannya hari ini masih diangkut yang berangkat. Di sini pun normal tak ada yang memakai masker," ujarnya.

Dia tidak tahu kapan aturan ini berlaku. Karena hingga pagi ini, rombongan jemaah umrah dari Indonesia masih ada yang diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta.

"Hari ini penerbangan dari Indonesia sekarang sudah boarding semua. Yaitu Garuda GA 980 untuk siap-siap take off. Ada Garuda ada Saudi Airlines. Tetap masih jalan," katanya.

Fuad mengatakan, asosiasi travel umrah belum menyiapkan skenario refund untuk mereka yang sudah membeli paket atau tiket umrah. Dia meyakini Arab Saudi aman dari virus Corona.

"Ini kota suci, ini yang dijaga oleh Allah Kami yakin Insyaallah negeri aman dari pada Corona," ujarnya.

Seperti diberitakan, Arab Saudi melarang warga negara asing memasuki wilayahnya untuk ibadah umrah maupun mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah. Saudi menjelaskan larangan itu merupakan langkah pro-aktif guna mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).(inf/zlf/gbr)

 
Top