Elly Thrisyanti anggota DPRD Kota Padang Dapil III hadiri undangan Rakorbang Kelurahan Pampangan Nan XX Kecamatan Lubuk Bagaluang, Rabu (5/2)
Infonusantara.net - Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Padang Tahun 2021 yang dituangkan dalam Rakorbang Tingkat Kelurahan, bertempat di kantor Kelurahan Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubuk Bagaluang, Rabu (5/2) sore.

Acara Rakorbang ini dihadiri anggota DPRD Padang, Elly Thrisyanti, Bappeda Padang, Sekcam Lubeg, Forkopimka, Bhabinsa, Bhabinkantibmas, Lurah Pampangan, LPM, Serta sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu Elly Thrisyanti menyampaikan Rakorbang adalah kegiatan tahunan. Rakorbang merupakan perwujudan dari suatu kegiatan yang diamanatkan melalui UU untuk membahas prioritas pembangunan di daerah.

"Seluruh elemen masyarakat harus terlibat dalam kegiatan pembangunan, perlu masukan dari masyarakat melalui Rembug Warga, masukan RT, RW, Rakorbang kelurahan, kecamatan hingga kota begitu juga melalui Musrenbang untuk dituangkan dalam RKA di APBD," katanya.

Dijelaskan, program pembangunan di kelurahan disusun sejak awal, perlu perencanaan dimulai dari tingkatan paling bawah melalui Rembug Warga, RT dan RW, diusulkan ke kelurahan, tidak boleh naik di jalan.

Anggota DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti menyampaikan kata sambutan dalam acara Rakorbang di Kelurahan Pampangan Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung
Elly juga menyampaikan, saat ini tugas lurah bertambah sebagai kuasa pengguna anggaran, yakni dana DAK dari APBN. "Namun dana ini harus hati-hati sekali dalam penggunaan, hanya boleh untuk dua kegiatan, yakni Sarpras dan pemberdayaan," katanya.

Ketua Komisi I DPRD Padang ini juga menegaskan, kalau dana kelurahan tidak kuat untuk menampung semua usulan masyarakat dan itu adalah skala prioritas, selaku anggota dewan yang dipercaya oleh masyarakat di Dapil III, dirinya siap mendukung melalui dana Pokir dewan.

"Sudah menjadi komitmen dan tugas kami selaku wakil rakyat di DPRD yang sudah diberikan kepercayaan serta amanah oleh masyarakat dalam memperjuangkan pembangunan kedepannya lebih baik lagia.

Dan saat ini sebut Elly Thrisyanti, saya adalah wakil rakyat dari Dapil III (Lubeg, Luki, Bungus Teluk Kabung),sudah pastinya saya sangat mendukung program pembangunan di Dapil III melalui dana pokok-pokok pikiran (Pokir) dewan.

"Mari sama-sama kita saling melengkapi, bekerjasama dari seluruh elemen masyarakat bagaimana supaya Kelurahan Pampangan Nan XX ini menjadi lebih baik dan menjadi salah satu kelurahan yang terbaik di Kota Padang kedepannya,"ungkap Elly.

"Semua usulan tolong di lengkapi administrasi nya, masukan proposalnya sesuai mekanisme aturan yang berlaku. Mudah-mudahan hasil Rakorbang kita kali menjadikan hasil yang terbaik untuk kelurahan Pampangan Nan XX di 2021 datang," pungkas anggota dewan dua periode ini mengakhiri sambutannya.

Lurah Pampangan Nan XX,  Zainir Datuak Tan Malako menyampaikan,  yang menjadi aspirasi masyarakat di Pampangan Nan XX yakni persoalan PAUD, PKK, pembangunan jembatan, drainase, perbaikan jalan, usulan satu unit becak motor sampah untuk masing-masing sebanyak 12 RW, serta lampu penerangan jalan umum. Dari sekian banyak usulan masyarakat. Masing -masing RT dan RW kita ambil dua usulan skala prioritas.

Lebihlanjut, Zainir Datuak Tan Malako mengakui, untuk Rakorbang yang dilaksanakan dengan mengundang dan dihadiri langsung anggota DPRD Kota Padang buk Elly Thrisyanti, memang membawa solusi bagi masyarakat, terjadi tanya jawab sengit yang membangun dan dapat dicarikan solusinya.

"Semoga nanti melalui bantuan dana pokok-pokok pikiran dewan buk Elly Thrisyanti, pembangunan dikelurahan Pampangan Nan XX ini bisa lebih baik lagi, " ungkapnya.  (inf).
 
Top