M Fikar Dt Rajo Magek 
Infonusantara.net - Sempat disebut sebut calon kuat, akhirnya, M Fikar Dt Rajo Magek SAg MM MPd pimpin Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Nagari Pauh IX Kuranji Padang secara aklamasi dalam suatu musyawarah besar (Mubes) BMPN di Kantor KAN Pauh IX, Sabtu (25/1 /2020) lalu.

Fikar terpilih aklamasi karena tidak ada calon yang lain mengapung yang menjadi rivalnya. 

Ketua KAN Pauh IX Kuranji Suardi Dt Rajo Bujang mendukung anak kemanakan, didahulukan selangkah ditinggikan seranting dalam memimpin BMPN Nagari Pauh IX Kuranji ini. "Mudah mudahan kelak nagari semakin ramai, pembangunan semakin menggeliat untuk lebih baik ke depan," ujar Suardi. 

Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji Irwan Basir Dtk Rajo Alam mengapresiasi, anak nagari yang hadir dalam Mubes BMPN Pauh IX Kuranji. Artinya, anak nagari dari berbagai elemen peduli dengan nagarinya. Untuk diketahui nagari ini berada dalam nagari perkotaan, memang ada Musrenbang, namun perlu ada skala prioritas yang akan diakomodir BMPN Nagari. 

"BMPN ini akan melakukan musyawarah untuk target pembangunan skala prioritas yang di musyawarahkan melalui BMPN ini," ujar Irwan. 

Ditambahkan Irwan, maka untuk membanguna ini butuh dibangun nilai nilai positif, rasa peduli, rasa kesetiakawanan dan nilai nilai keberamanaa. Jangan ada kasta kasta di antara anak nagari, karena dengan kebersamaan pasti bisa. 

Sekcam Kuranji Harnoli mengapresiasi, kehadiran masyarakat Nagari Pauh IX Kuranji dalam menghadiri Mubes BMPN ini, berarti anak nagari begitu peduli terhadap keberadaan nagarinya. "Ini sekaligus berarti kepedulian terhadap pembangunan nagarinya," ujar Harnoli. 

Ketua BMPN terpilih M Fikar Dt Rajo Magek mengatakan, dalam menggawangi BMPN ini ia sudah mengusung Visi, "Membangun Pauh IX yg bermartabat dan berkemajuan di segala bidang. Kemudian misinya, Memusyawarahkan suatu perencanaan pembangunan di berbagai bidang dan 
Mengutamakan pembangunan SDM dan pemberdayaan masyarakat," ujar Fikar. 

Ditambahkan, kemudian menumbuhkan ide- ide dan wacana Pembangunan pendidikan dan sosial masyarakat. 
Mengelola Anggaran Pembangunan infrastruktur secara Swadaya dan swakelola.

Dikatakan Fikar, melalui (Mubes) Ketua BMPN Pauh IX  hari ini, selaku ketua terpilih diucapkan terima kasih atas partisipasi bapak dan ibu. Sehingga acara  ini  terlaksana dengan baik dan sukses. 

"Kemudian nanti juga penting dalam hal menyusun pengurus yang solid, yang bisa bekerja secara tim untuk  memajukan Nagari Pauh IX ke depan di seluruh sektor, baik  fisik dan non fisik," kata Fikar. 

Di antaranya, sektor pendidikan, sosial masyarakat, adat istiadat dan budaya. Kemudian, pembangunan fisik dari segala infrastruktur kebutuhan masyarakat termasuk pembangunan pariwisata. Dan tak kalah pentingnya pembangunan spritual anak nagari yang berkarakter,  berlandaskan adat basandi syarak- syarak basandi kotabullah (ABS - SBK). Apalagi Nagari Pauh IX Kuranji yang terletak di Papiko masih masih kental memegang nilai-nilai adat dalam kehidupan sehari hari, dengan berlandaskan agama. 

Selanjutnya, BMPN Pauh IX sebagai wadah musyawarah untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan secara berkesinambungan tentu perlu dimenej dengan baik, yang terukur dan terstruktur bersama dengan Ormas Nagari Pauh IX lainnya seperti FKAN sebagai mitra sejajar dan KAN sebagai mitra fungsional. 

Untuk menjalankan itu semua saya selaku ketua tentu perlu koordinasi yang baik dan solid untuk mewujudkan Nagari Pauh IX yang maju dan bermartabat. Sehingga bisa duduk sama tendah dan tegak sama tinggi dengan nagari lain, di Kota Padang maupun Sumbar umumnya. 

Maka pembangunan sektor fisik dan dan non fisik tersebut akan diakomodir dalam bentuk program kerja jangka pendek dan jangka panjang satu periode ke depan.

Tentu butuh dukungan dari segala elemen yang ada di Nagari Pauh IX Kuranji. Sebab, tanpa dukungan dari semua unsur tentu tidak akan terwujud sasaran yang maksimal.

Atas kerjasamanya semua anak Nagari Pauh IX bisa melaksanakan visi dan misi serta program BMPN Pauh IX ke depan. (inf/boy)
 
Top