Foto: Andre Algamar ( pakai peci) mewakili Kadisbudpar Padang bersama Herry Kurniadi Owner DBFOODS (baju hijau),Tuako HTT dan tokoh masyarakat setempat 

Infonusantara.net - Outlet Pusat Oleh-oleh DBFOODS, yang berlokasi di Jalan Hos Cokroaminoto No. 17A Padang, resmi dibuka usai dilaunching, Minggu pagi (1/12). Pada saat launching ini, DB Foods memberikan diskon sebesar 20 persen.

Pusat Oleh-Oleh Khas Padang seperti Dendeng Balado (DB) Foods ini diresmikan outletnya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang, Kadis Arfian, diwakili melalui Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata Disbudpar Padang, Andree Algamar.

DBFOODS merupakan perusahaan makanan yang bergerak di bidang makanan cepat saji, khususnya spesialis produk makanan khas Padang. Toko oleh-oleh ini sudah dirintis sejak tahun 1969 dengan nama "Dendeng Belakang Kongsi Se-Lie". Tahun 2009 dilakukan rebranding dengan nama DB Foods dan didirikanlah Pusat Oleh-Oleh DB Foods (Factory Outlet) di Jalan Niaga Dalam No 39 Padang.
Herry Kurniadi, Owner DBFOODS (Premium Outlet) Jalan HOS Cokroaminoto No. 17A Padang. 
Untuk merayakan 50 tahun DBFOODS Foods (1969-2019), didirikanlah Pusat Oleh-Oleh DB Foods (Premium Outlet) Jalan HOS Cokroaminoto No. 17A Padang. Perusahaan ini memproduksi makanan utama dendeng balado, selain itu juga memproduksi dendeng lado hijau, dendeng kering, dan rendang.

"Harganya terjangkau, untuk kemasan single Rp 23 ribu, kemasan travel berisi 4 potong Rp 80 ribu, kemasan premium dengan berat 250 gram Rp 125 ribu. Sementara untuk ukuran berat setengah kilogram Rp 150 ribu," ungkap Owner DB Foods Herry Kurniadi.

Dia menambahkan, DB Foods juga mendistribusikan dan menjual produk-produk UMKM khas Padang seperti keripik balado, karak kaliang, kerupuk jangek, dan berbagai macam makanan khas Padang lainnya.
Pemotongan pita peresmian Outlet Pusat Oleh-oleh Khas Padang DB Foods oleh Andre Algamar dan Tuako HTT di di Jalan Hos Cokroaminoto No. 17A Padang
Lebihlanjut sebutnya, yang membedakan dengan yang lain adalah, DB Foods memproduksi makanan dengan menggunakan teknologi sterilisasi dan teknologi vakum. Sehingga produk-produk DB Foods bisa bertahan hingga enam bulan tanpa bahan pengawet. Bahkan jika dimasukkan ke dalam freezer bisa bertahan sampai dua tahun.

"Selain dihasilkan dari olahan menggunakan alat berteknologi tinggi, keunggulan produk-produk, DB Foods sendiri adalah telah tersertifikasi halal dari MUI sejak tahun 2009. Kemudian selain di Kota Padang, produk-produk DB Foods ini juga telah dipasarkan di Jakarta, di sejumlah distributor di kota besar seperti Surabaya, Bandung, Medan, dan Pekanbaru," sebutnya.

DBFOODS saat ini menjadi satu-satunya brand dari Sumatra Barat yang berhasil menembus supermarket premium di ibukota Jakarta dan sekitarnya seperti Ranch Market, Foodhall, Kemchicks, Gelael Supermarket, Lulu Supermarket, dan AEON. Totalnya ada 30 supermarket premium.

Sedangkan di Kota Padang sendiri, ada Christine Hakim, CHIP, Shirley, 4x7, Nan Salero, Rohana Kudus, Silungkang, dan beberapa  Pusat Oleh-Oleh lainnya. Pada tahun 2013, DBFOODS dipercaya oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (saat itu dipimpin oleh Menteri Perdagangan Bapak Gita Wirjawan) untuk mewakili Indonesia di ajang International Food Taipei selama 2 tahun berturut-turut bersama perusahaan-perusahaan raksasa seperti Sosro dan Garudafood.

"Selain itu, sejak tahun 2009, DBFOODS menerapkan sistem produksi modern berteknologi tinggi yang membuat DBFOODS dapat meningkatkan daya tahan produk selama 60 hari di suhu ruang tanpa bahan pengawet, dan 6 bulan di pendingin. Bahkan untuk ekspor, DBFOODS telah mampu memenuhi persyaratan daya tahan 2 tahun di freezer tanpa bahan pengawet. Itu sebabnya DBFOODS telah mampu menjangkau pasar Taiwan dan Singapore sejak tahun 2013," paparnya. 

Dia menyampaikan, bagi pelanggan yang ingin melakukan pemesan melalui media sosial bisa mengakses akun Instagram DB Foods @dbfoods.id, atau bisa menghubungi ke nomor (0751) 30286 dan 0811156166.a Langsung mengunjungi langsung outlet DB Foods kami juga bisa. Outlet kami ada di dua lokasi yakni Factory outlet di Jalan Niaga dan Premium outlet di Jalan Hos Cokroaminoto No. 17A Padang. Kami buka setiap Senin-Sabtu dari mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

"Bagi masyarakat yang ingin merasakan citarasa khas Padang, yang sudah bertahan sejak tahun 1969, cobalah DB Foods. Karena kami benar-benar menjaga kualitas, mulai dari bahan baku dengan menggunakan daging pilihan segar bukan daging beku, hingga ke packagingnya," ungkap Herry.


Lebih lanjut dia mengungkapkan, untuk para pecinta kopi, pihaknya juga menyediakan tempat minum kopi yang nyaman berada disamping outlet DB Foods yaitu HER Coffee dengan ciri khas kopi dari Solok Selatan.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata Disbudpar Padang, Andree Algamar mewakili Kadisbudpar Padang mengapresiasi kehadiran outlet DB Foods ini dan berharap ramai dikunjungi konsumen maupun wisatawan. Asalkan para pelaku usaha bisa menggerakkan ekonomi dengan menjadikan iklim usaha yang lebih baik di Kota Padang dan khususnya di Pondok ini, tentunya kita sangat mendukung dan apresiasi sekali.

Selain itu para pelaku usaha diharapkan dapat memajukan dan memberdayakan produk lokal agar bisa menambah inkam bagi masyarakat dilingkungan kita sendiri. Serta bagaimana para pelaku usaha dapat memberikan inovasi inovasi baru serta mempertahankan citarasa produk khususnya spesialis produk makanan khas Padang," pungkas Andre Algamar . (inf)

 
Top