Irwan Basir, Datuk Rajo Alam,SH,MM (kanan)bersama seniman tradisional Dendang Pauh Sembilan 
Infonusantara.net - Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM Ketua DPD LPM Kota Padang mengatakan, melalui Dendang Nagari Pauh Sembilan merupakan wadah seni dan budaya Minangkabau sebagai salah satu sarana memperkenalkan seni dan budaya Minang kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Budaya merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sosial manusia, karena budayalah yang membuat manusia kreatif, berinovatif dan perlu sekali dalam mengisi kehidupan," sebut Ketua DPD LPM Kota Padang, Sabtu (29/12/2019) Malam.

Selain itu, ada begitu banyak seni budaya Sumatera Barat dari ragam daerah dan spasifik tradisi yang membuat masyarakat Minangkau tidak kalah bagusnya dengan yang lainnya.

"Seni budaya inilah yang menjadikan masyarakat Minangkabau memiliki karakter sendiri dalam menata hidupnya menjadi lebih baik," ujarnya.

Selain itu, Irwan Basir Datuk Rajo Alam juga mengatakan, budaya lokal di Kota Padang sangat beragam mulai dari kesenian seperti Rabab, Saluang, Dendang Pauh dan lain sebagainya. Sementara di bidang kuliner juga tak kalah menarik yang berada pusat kuliner anak nagari (Pukunaga) Kuranji, yaitu mempunyai masakan tradisional yang beragam yang ada di Pukunaga.

"Dengan potensi tersebut, tentu kepada seluruh warga kota diharapkan untuk terus menggiatkan dan melestarikannya melalui berbagai kreatifitas guna kemajuan Padang kota tercinta ini. Apalagi di tengah mulai banyaknya gempuran budaya asing dewasa ini, kita tidak anti budaya luar tetapi budaya lokal harus senantiasa kita pelihara secara baik," imbau Irwan Basir.

Irwan Basir berharap masyarakat Kota Padang khususnya generasi muda untuk senantiasa mewarisi dan melestarikan seni budaya yang penuh dengan kearifan lokal tersebut. Sehingga membawa kemajuan terhadap diri sendiri, masyarakat dan menghindari hal - hal negatif tentunya.(inf/*)
 
Top