Kondisi Pondasi Tugu Merpati Perdamaian Pantai Padang pasca diterjang ombak 
Infonusantara.net, PADANG - Monumen Merpati Perdamaian yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 12 April 2016 di Taman Muaro Lasak adalah salah satu destinasi wisata pantai Padang yang ramai pengunjung. Saat ini destinasi wisata pantai Padang itu mengalami kerusakan.

Tugu Merpati Perdamaian yang terletak di Muaro Lasak mengalami kerusakan akibat terjangan ombak yang cukup besar dari malam hingga dini hari tadi, pondasi tugu tersebut mengalami rusak parah.

Kepala Bidang Distinasi, Usaha Industri Pariwisata (DUIP) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Andree Algamar mengatakan, langkah-langkah penyelamatan dan pengamanan sementara tugu Merpati Perdamaian telah dilakukan dengan memasang karung pasir sebagai antisipasi datangnya ombak yang dikhawatirkan menambah kerusakan pondasi Tugu Perdamaian.

“Berdasarkan informasi yang kami peroleh, dikhawatirkan malam ini terjadi ombak besar karena siklus bulan. Untuk itu perlu kita lakukan pengamanan”, ujar Andree, Minggu (16/6/2019) siang.

Ia menjelaskan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian Amhar telah berkoordinasi dengan Kalaksa BPBD Edi Hasymi dan Plt Kadis PUPR Yenni Yuliza untuk pengamanan dan perbaikan lebih lanjut pondasi Tugu Merpati Perdamaian.

“Besok, pondasi ini akan langsung diperbaiki. Batu pondasi akan dipasang lebih dalam lagi”, imbuh Andree.

Ia menambahkan, Dandenma Lantamal II Padang, Letkol Bambang juga menyatakan kesiapan Lantamal II membantu perbaikan Tugu Merpati Perdamaian tersebut. “Pemasangan karung pasir tadi dilakukan rekan-rekan BPBD dan BKO Satpol PP. Dan akan kita lakukan penambahan”, tutup Andree. (Hms)

 
Top