Infonusantara.net, JAKARTA - Wali Kota Padang Mahyeldi, sebagai salah satu peserta program Indonesia Visionary Leader (IVL) yang telah meraih penghargaan pada IVL season 2 bulan Maret tahun lalu, kembali dikukuhkan sebagai anggota IVL bersama seluruh kepala daerah anggota IVL season 1-4 pada acara Silaturahmi Nusantara yang diselenggarakan Koran SINDO dan SINDOnews.com di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (29/3/2019) malam. 

Pengukuhan anggota IVL season 1-4 ditandai dengan penyematan pin oleh dewan juri IVL yang diketuai Soni Sumarsono, mantan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri. Dikesempatan itu, Wali Kota Padang Mahyeldi diwakili Kepala Bagian Humas Imral Fauzi. 

Selain penyematan pin, pada Silaturahmi Nusatara juga diadakan penyerahan anugerah bagi peserta IVL season 3 dan 4 yang telah diuji visi kepemimpinannya pada Oktober dan November 2018 lalu.

Pada acara tersebut, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan pentingnya membangun sinergitas dan konektivitas antar daerah. Para kepala daerah dan tokoh bangsa memiliki visi dan misi dalam membangun daerahnya, dan itu bukan menjadi halangan, tetapi menjadi partikel terpisah yang harus bersatu menjadi semangat kebersamaan dalam membangun Indonesia.

"Visi-misi tadi idealnya bisa menjadi energi yang luar biasa besar dalam membangun bangsa yakni melalui sinergi dan kolaborasi yang baik antardaerah", ungkap Tjahjo.

Kolaborasi ini, kata Tjahjo, tidak hanya dengan daerah tetangga yang berbatasan tapi juga dengan daerah di provinsi maupun pulau lain. Sinergi antardaerah diharapkan memunculkan banyak inspirasi dan inovasi agar pembangunan di berbagai bidang dapat dilakukan lebih terukur dan terarah. Bentuk kerja sama antardaerah yang bisa dikembangkan misalnya dalam hal konsep pelayanan publik, kerja sama dengan pihak ketiga dan penyerapan tenaga kerja terampil.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Koran SINDO dan SINDOnews.com, Djaka Susila, mengatakan, Silaturahmi Nusantara mempertemukan seluruh kepala daerah peserta Indonesia Visionary Leader season 1-4. Dan secara bersama membacakan deklarasi sinergi dan kolaborasi untuk bangsa yang dipimpin Soni Sumarsono.

Deklarasi tersebut terdiri atas lima komitmen. Pertama, para kepala daerah akan menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Kedua, membangun persatuan dalam perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan. 
Ketiga, membela kebenaran, keadilan dan perdamaian. Keempat, memberi keteladanan dengan dedikasi, loyalitas dan integritas tinggi untuk membangun bangsa. Kelima, menjadikan visi dan misi sebagai energi dalam bersinergi dan berkolaborasi untuk kemajuan bangsa.(Inf/Fs)

 
Top