INFO (PADANG) - Perhelatan besar di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 27 Juni 2018 tinggal menunggu hari, Kampanye akbar calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Emzalmi-Desri Ayunda, digelar hari ini, Sabtu (23/6) di lapangan Imam Bonjol Padang mulai pukul 13.00 WIB. 
Ketua Tim Koalisi Emzalmi Desri Wahyu bersama Ketua DPC Demokrat Padang Ilham Maulana, Sekretaris DPC Hanura Padang Elvi Amri dan Ketua Forum Anak Nagari Evi Yandri saat memberikan keterangan terkait kampanye akbar pasangan Emzalmi Desri.
Ketua Tim Koalisi Padang Bersatu, Wahyu Iramana Putra menargetkan sedikitnya 50 ribu orang hadir pada kampanye terbuka tersebut.

"Sebenarnya yang sudah terdaftar lebih dari 100 ribu, tapi kita tak mau sesumbar dulu. Jadi target minimal peserta kampanye nanti sekitar 50 ribu orang yang terdiri dari kader partai pengusung, pendukung dan simpatisan," kata Wahyu kepada wartawan, Jumat (22/6) di lapangan Imam Bonjol saat persiapan pelaksanaan kampanye.

Dia menjelaskan untuk juru kampanye pihaknya berupaya untuk mendatangkan ketua umum partai pengusung dan partai pendukung pasangan Emzalmi-Desri Ayunda.

"Seperti kami dari Partai Golkar tentu berupaya menjadikan Airlangga Hartanto untuk menjadi juru kampanye nanti, sementara untuk Partai Demokrat juga berupaya mendatangkan Susilo Bambang Yudhoyono atau Agus Harimurti Yudhoyono dan Partai Gerindra tentu berupaya mendatangkan Prabowo Subianto menjadi juru kampanye," katanya didampingi Sekretaris DPC Hanura Padang Elvi Amri, Ketua DPC Demokrat Padang Ilham Maulana dan Ketua Forum Anak Nagari Evi Yandri Rajo Budiman.

Wahyu mengatakan, hingga saat ini (kemarin-red) pihaknya masih menunggu kepastian dari petinggi-petinggi partai di pusat akan kehadiran para Ketum. “Tapi yang jelas jurkan pusat bakal ada,” katanya.

Ia menyampaikan kampanye akbar tersebut juga dihadiri Ketua DPW atau DPD partai pengusung seperti Partai Golkar, Partai NasDem. Partai Gerindra, Partai PPP, PDI Perjuangan, Partai Hanura, Partai Demokrat dan partai pendukung lainnya.

Dijelaskan, yang akan memberi orasi seluruh ketua partai pengusung dan pendukung, tokoh masyarakat, tokoh adat hingga tokoh agama di Kota Padang.

Wahyu berharap agar pihak kepolisian dapat bekerja dengan baik agar tidak terjadi bentrokan karena jadwal kampanye pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang hampir bersamaan sehingga rawan terjadi bentrok.

"Kami berharap pengamanan kampanye dilakukan sebaik mungkin, kami telah menginstruksikan agar seluruh peserta tertib dalam melakukan kampanye," kata dia.

Sementara Ketua DPC Demokrat Padang Ilham Maulana mengatakan upaya pemenangan pasangan Emzalmi-Desri adalah perintah langsung dari Ketum Susilo Bambang Yudhoyono. “Ini adalah marwah partai kami. Kami akan berjuang habis-habisan,” katanya.

Dia mengatakan, pasangan Emzalmi-Desri adalah cerminan persatuan di Kota Padang. Mereka adalah non politisi namun didukung banyak partai, lintas agama, lintas suku dan sebagainya.

Pun demikian dengan Elvi Amri. Kemenangan Emzalmi-Desri adalah harga mati sebagai mana instruksi langsung dari Ketua Osman Sapta Odang (OSO).

“Seluruh elemen partai mulai dari DPC, PAC, hingga ranting-ranting akan bergerak, termasuk juga DPD yang ada di Padang,” katanya.

Pilkada Padang 2018 diikuti dua pasang calon, yaitu Emzalmi-Desri nomor urut satu diusung tujuh partai dan didukung lima partai lainnya. Emzalmi merupakan Wakil Walikota Padang petahana yang berpasangan dengan Mahyeldi pada Pilkada Padang 2013 dan tampil sebagai pemenang. Sedangkan Wakil Emzalmi, Desri Ayunda pada pilkada Padang 2013 juga mencalonkan diri sebagai walikota berpasangan dengan James Helyward dari jalur perseorangan.

Kampanye akbar Emzalmi dan Desri Ayunda, tersebut bakal menghadirkan Arif LIDA. Kepastian itu disampaikan Ketua Tim Relawan Pemenangan Emzalmi-Desri, Marzuki Onmar.

"Insya Allah kita menghadirkan Arif LIDA, disamping juru kampanye dari partai Koalisi Padang Bersatu," ungkap Marzuki Onmar pada kesempatan terpisah.

Kampanye Akbar Emzalmi-Desri Ayunda akan dilaksanakan Sabtu, 23 Juni 2018 siang, bertempat di Ruangan Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang.

"Sebelum kampanye akbar, akan kita laksanakan pawai," tambah Martias Sarjany, Sekretaris Tim Advance Relawan Emzalmi dan Desri Ayunda.(bbg)




 
Top